PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA FACE C

Muhammad Adien Bagus Satrio, Veryliana Purnamasari, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan menarik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Kekurangan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang antusias dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran Prezi berbasis Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Responden dalam penelitian ini adalah 19 siswa dari SDN Duwet. Untuk mengetahui kelayakan media, dilakukan wawancara dengan guru, tes validasi oleh dosen ahli serta pengisian angket oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berhasil mendapatkan persentase kelayakan yang tinggi. Validator media yang memperoleh presentase 94% ( sangat baik ) dan materi memperoleh presentase 92% ( sangat baik ) , serta guru pada media memperoleh 90% dan materi memperoleh 94% dan siswa memeperoleh rata rata presentase yaitu 92,3%, memberikan penilaian positif yang mengindikasikan bahwa media ini layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Pengembangan media pembelajaran Prezi berbasi Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Pratomo, Imam Catur. & Herlambang, Y. T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8 (1), 7–15.

Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran Terhadap motivasi belajar siswa smpn 1 lanrisang Kabupaten pinrang. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Yudhi, M. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Al Farizi, M. F., Sudiyanto, & Hartono. (2019). Analysis of Indonesian Language Learning Obstacles in Primary Schools. International Journal of Educational Methodology, 5(4), 663–669. https://doi.org/10.12973/ijem.5.4.663

Amali, K., & Kurniawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 2, Issue 2).

Khotimah, A. H. (n.d.-a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Organ Pencernaan Manusia dan Hewan di Kelas V Sekolah Dasar.

Khotimah, A. H. (n.d.-b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Organ Pencernaan Manusia dan Hewan di Kelas V Sekolah Dasar.

Model-Model Penelitian dan Pengembangan. (n.d.).

Nuraeni, N., Yulia Hayuningtyas, R., Ispandi, & Astuti, P. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PREZI Presentasi Berbasis Internet pada Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.152

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. (n.d.).

Pranoto, A., & Zakariyah, M. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Peran Augmented Reality dalam Memperkenalkan Organ Pencernaan Manusia pada Anak Sekolah Dasar. Media Online, 4(3), 1235–1244. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1441

Sitepu, E. N. (n.d.). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Media Pembelajaran Berbasis Digital. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M. Adien Bagus Satrio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.