ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SD NEGERI DI KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA

Jazilatul Himmah, Suyitno Suyitno, Eka Sari Setianingsih

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyaknya pendidik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara yang belum begitu memahami terkait Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara khususnya pada proses mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila. Jenis penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket ini fokus pada Desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan disebarkan kepada kepala sekolah atau tim fasilitator ke-enam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara yakni SD Negeri 1 Karangaji, SD Negeri 3 Karangaji, SD Negeri 2 Sowan Lor, SD Negeri 1 Bugel, SD Negeri 3 Bugel, dan SD Negeri Tanggul Tlare. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung kabupaten Jepara telah melaksanakan Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila dengan menerapkan tujuh tahap Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan sangat baik meskipun terdapat beberapa Sekolah Dasar negeri yang belum menerapkan beberapa tahapan tertentu


Keywords


Implementasi, Projek Profil Pelajar Pancasila, SD Negeri kecamatan Kedung

Full Text:

PDF

References


Dhomiri, Ahmad., Junedi., & Nursikin, Mukh. 2023. “Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan”. Artikel. Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga

Jufri & Hasrijal. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Projek (Literature Review)”. Artikel. Riau: STKIP Rokania.

Lisnawati, Liya dkk. 2023. “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. Artikel. Purwakarta. Universitas Pendidikan Indonesia

Ngalimun, 2018. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Pravitasari, Pinkan Dwi., dkk. 2023. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Sekolah Dasar”. Artikel. Kota Surakarta

Sa’adah, Muftahatus., dkk. 2022. “Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Artikel. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Satria, Rizky., dkk. 2022. Panduan pengembangan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan”. Artikel. Klaten: Universitas Widyadharma Klaten.

Zakso, Amrazi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia”. Artikel. Kalimantan Barat: Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jazilatul Himmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.