ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SD NEGERI DI KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyaknya pendidik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara yang belum begitu memahami terkait Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara khususnya pada proses mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila. Jenis penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket ini fokus pada Desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan disebarkan kepada kepala sekolah atau tim fasilitator ke-enam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara yakni SD Negeri 1 Karangaji, SD Negeri 3 Karangaji, SD Negeri 2 Sowan Lor, SD Negeri 1 Bugel, SD Negeri 3 Bugel, dan SD Negeri Tanggul Tlare. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung kabupaten Jepara telah melaksanakan Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila dengan menerapkan tujuh tahap Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan sangat baik meskipun terdapat beberapa Sekolah Dasar negeri yang belum menerapkan beberapa tahapan tertentu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dhomiri, Ahmad., Junedi., & Nursikin, Mukh. 2023. “Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan”. Artikel. Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga
Jufri & Hasrijal. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Projek (Literature Review)”. Artikel. Riau: STKIP Rokania.
Lisnawati, Liya dkk. 2023. “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. Artikel. Purwakarta. Universitas Pendidikan Indonesia
Ngalimun, 2018. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Pravitasari, Pinkan Dwi., dkk. 2023. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Sekolah Dasar”. Artikel. Kota Surakarta
Sa’adah, Muftahatus., dkk. 2022. “Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Artikel. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Satria, Rizky., dkk. 2022. Panduan pengembangan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan”. Artikel. Klaten: Universitas Widyadharma Klaten.
Zakso, Amrazi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia”. Artikel. Kalimantan Barat: Universitas Tanjungpura.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20098
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jazilatul Himmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.