ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN 1 PABEDILAN KALER KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

Megah Shilvia Rizky Amelia, Sukamto Sukamto, Joko Sulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dan hasil belajar siswa dalam operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas V SDN 1 Pabedilan Kaler. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V di SDN 1 Pabedilan Kaler.  Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan soal tes. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu a) siswa tidak memahami langkah-langkah penyelesaian soal dengan benar; b) tidak dapat mengoperasikan bilangan yang berbeda tanda negatif; dan c) siswa masih kurang teliti dalam menghitung. Hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Pabedilan Kaler pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat nilai yang di dapat siswa sangat beragam. Mulai dari yang paling tinggi yaitu 85, dan yang paling rendah yaitu 40.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematika, Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Amir. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, Vol. 6(1). Diakses melalui http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166

Astawa, Suarjana, Murda. 2016. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4(1). Diakses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7697/5249

Hamkah. 2015. Deskripsi Kesalahan Pemahaman Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas V SD Negeri Mappala Makassar. Diakses melalui https://eprints.unm.ac.id/7192

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Islamiyah. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Kelas III SD Muhammadiyah Wringinanom. Diakses melalui https://eprints.umsida.ac.id/569/

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Megah Shilvia Rizky Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.