ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGANAK 01

Dinda Asri Wahyujati, Filia Prima Artharina, Rahmat Rais

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan Pendidikan karakter di SD Negeri Gedanganak 01 dalam Profil Pelajar Pancasila. (2) Mengetahui pembentukan karakter kreatif dalam Profil Pelajar Pancasila. (3) Mengetahui hambatan yang di hadapi dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter kreatif di SD Negeri Gedanganak 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Terknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode Angket, Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa di SD Negeri Gedanganak 01 menerapkan Profil Pelajar Pancasila dengan 3 strategi ; pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran dengan proyek (P5) dan pembiasaan. Penerapan Profil Pelajar Pancasila untuk membentuk karakter kreatif diterapkan sesuai dengan indikator-indikator nilai karakter seperti : menampilkan ide baru, berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, mampu menyelesaikan masalah dengan cara berfikir kritis. Hambatan dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila terhadap karakter kreatif yaitu Keterbatasan guru dalam mendesain RPP yang baik. Selain itu kurangnya pemahaman dan pengetahuan orangtua tentang pola pembelajaran anak dan lingkungan tempat tinggal juga dapat menghambat proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila, karena kurangnya pemahaman nilai-nilai pancasila, dan bawaan karakter negative peserta didik.


Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dyah M. Sulistyati, Sri Wahyaningsih, & I Wayan Wijania, Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Satuan PIAUD (Jakarta: ta pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia., 2021), 2.

Iyan, A., Permata, A. D., Awaliah, F. P., & Isa, S. F. P. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2910-2923.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Kepmendikbudristek (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kepala Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia.

Mufti, Neza Anissa, Iin Purnamasari, and Rofian Rofian. "Analisis Muatan Dimensi Kreatif pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari." Pena Edukasia 1.3 (2023): 269-275.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Siti Lutfiatussalmah, Mei Fita Asri Untari, & Ervina Eka Subekti. (2023). ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KALICARI 02 SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 424 - 430. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1541

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.

Yasir Burhami, terjemahan Moh. Suri Sudari et al., Renungan Iman Dalam Surat Yusuf (Jakarta: Al-Kautsar, 2014), 72.

Zularwan, dkk. 2017. "Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada K13 Dalam PAI Dan Budi Pekerti Di SMP Islam Al Amjad Medan Sunggal". Edu Riligia, 1 (4), 558-572.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dinda Asri Wahyujati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.