ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM “MY NEIGHBOR TOTOROâ€
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah semakin turunnya karakter bangsa yang ditandai dengan hilangnya nilai-nilai pendidikan karakter pada anak-anak. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai karakter pada anak yaitu menggunakan media film. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam film animasi My Neighbor Totoro dan untuk mengetahui apakah film animasi My Neighbor Totoro layak untuk dijadikan media dalam menanamkan nilai karakter pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari film animasi My Neighbor Totoro. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam film My Neighbor Totoro. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa nilai karakter yang terkandung dalam adegan dan dialog-dialog yang terjadi dalam film My Neighbor Totoro. Nilai karakter yang ada dalam film animasi My Neighbor Totoro yaitu ada tujuh nilai karakter yaitu peduli sosial, komunikatif, rasa ingin tahu, bekerja keras, mandiri, religius, tanggung jawab. Saran dari penelitian ini yaitu kepada para pendidik agar selalu meningkatkan kualitas pendidikan karakter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia. 2020. “Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoroâ€. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 130.
Afrinaldi. 2019. “Masalah Pendidikan dan Pemecahan Masalah Pendidikanâ€. Artikel INA-Rxiv. doi:10.31227/osf.io/v368p
Apriliany dan Hermiati. 2021. “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakterâ€. Artikel Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 191-199.
Dalimunthe, Reza. 2016. “Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakartaâ€. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 102–111.
Ilahi, Takdir. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Juliya dan Herlambang. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswaâ€. Jurnal STKIPBBM, 12(1), 281–294.
Hendriyani. 2017. "Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh". Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(1), 63-65.
Nurhayati, Fadillah Nurul dan Setianingsih Hesti. 2023. “Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahunâ€. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3648-3662.
Muna, Z., Sulianto, J., & Soegeng, A. 2022. “Analisis Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19â€. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 3(1), 1–6.
Palupi, Dini. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digitalâ€. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38-48.
Permendikbud No 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang RI No. 20 Th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman
Utami, Dina. 2011. “Animasi Dalam Pembelajaranâ€. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(7), 44-52.
Zhayoga dan Listyarini. 2020. “Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswaâ€. Indonesian Values and Character Educational Journal. 3(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ilham Razaq Aryadi, AY Soegeng, Fajar Cahyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.