ANALISIS SERIAL KELUARGA SOMAT SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN KEMBANGARUM 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nilai pendidikan pada serial Keluarga Somat dan mengetahui fungsi serial animasi sebagai media edukasi dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian yang digunakan kualitatif dengan metode deksriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian melalui kuesioner siswa kelas V SDN Kembangarum 02 menunjukkan hasil yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa serial animasi ini cocok pada usia 10-11 tahun untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan menemukan 18 nilai karakter yang termuat dalam 6 episode serial Keluarga Somat, Dudung Mengigau, Chef Ninung dan Dudung, Menghafal Pancasila, pengaturan Waktu, Cinta Lingkungan dan Upacara di Kampung. Setiap episode dalam serial animasi Keluarga Somat mengandung nilai - nilai karakter dan terdapat amanat yang baik yang mampu dicontohkan kepada siswa. Serial Keluarga Somat dapat dijadikan sebagai media edukasi dalam pembentukan karakter dengan menunjukkan bahwa serial animasi Keluarga Somat dapat memberikan dampak positif yang mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyaningrum, Yuli, Intan Rahmawati, and Kiswoyo. 2022. Nilai-Nilai Karakter Pada Serial Kartun Upin Dan Ipin Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah 3(3):390-397.
Dwi, Sintya, Ayu Pebrian, and Rian Candra. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Edukasi Moral Anak Usia Dini Melalui Video Animasi.†1(1):22–26.
Khansa, amalia muthia, Ita Utami, and Elfrida Devianti. 2020. “Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Tangerang 15.†ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN TANGERANG 15 SDN TANGERANG 15 4:158–79.
Lisahidah, Aulia, Diny Fitriawati, and Mochamad Taufik. 2024. “Literasi Media Televisi Kepada Ibu Rumah Tangga Dalam Pendampingan Menonton Anak.†5(1):1–6.
Rahman, Rizqi Kurnia, Sumarno Sumarno, and Ervina Eka Subekti. 2023. “Analisis Nilai Karakter Bagi Anak-Anak Pada Serial Animasi Riko the Series.†Wawasan Pendidikan 3(1):213–26. doi: 10.26877/wp.v3i1.11352.
Rahmawati, Indriani Nur, Kartinah Kartinah, Muhammad Prayitno, and Deny Susilowati. 2024. “Pengembangan Media Puzzle Pancasila Di Kelas I Sdn Panggung Lor Berdasarkan Gaya Belajar Kinestetik.†Jurnal Sinektik 6(1):18–24. doi: 10.33061/js.v6i1.8685.
Santoso, Budi, and Irma Winingsih. 2022. “Representasi Nilai Toleransi Dalam Animasi Keluarga Somat Episode ‘Hari Kartini.’†Nusa 17(1):50–65.
Septyawan, Dony, and Fakultas Ilmu Pendidikan. 2018. “ANALISIS FILM UPIN & IPIN DALAM PENANAMAN.†1:53–65.
Subadi, Imam. 2017. “Pesan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dalam Serial Film Animasi Upin & Ipin Episode ‘ Iqra .’†EJournal Ilmu Komunikasi 5(2):81–95.
Yunita, Yenni. 2018. “Pembentukan Karakter Murid (Studi Terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru).†Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15(2):63–83. doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2379.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.21011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rachel Tiara Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.