ANALISIS PENERAPAN GERAKAN LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA KELAS IV DI SDN BEJIREJO

Meilisa Khonirma Sari, Henry Januar Saputra, Ervina Eka Subekti

Abstract


Latar belakang penelitian adalah kurangnya minat membaca pada kelas IV di SDN Bejirejo. Tujuan penelitian yaitu menganalisis penerapan gerakan literasi, faktor pendukung dan penghambat, dan usaha yang dilakukan oleh sekolah dalam menghadapi permasalahan dalam penerapan gerakan literasi di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di SDN Bejirejo dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Bejirejo dalam penerapan gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sudah baik. Fasilitas sarana dan prasarana dalam penerapan gerakan literasi sudah baik dengan dilengkapi Pojok Baca setiap kelas serta mading yang berisikan suatu bacaan sesuai dengan kreativitas siswa.


Keywords


gerakan literasi; minat baca; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Antoro, Billy. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Kebudayaan.

Asmarani, R. W., Subekti, E. E., & Purnamasari, V. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Selakaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2019), 2652–2656. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5867

Astuti, L. W. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Menumbuhkan Minat Membaca.

Beers, C, S., Beers, J, W.,& Smith, J, O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press.

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Dhieni, Nurbiana, dkk. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Harjanti, Nursita Mugi., Patonah, Siti., Subekti, Ervina Eka. (2024). Analisis peran guru dalam meningkatkan gerakan literasi pada pembelejaran IPAS di kelas IV SD N Ngurenrejo. Jurnal ilmiah Pendidikan Dasar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan.

Matondang, A. (2018). Pengaruh antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32.

Sugiyono. ( 2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supriyanto, H., & Haryanto, S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68–82. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd/article/view/3376

Veronica, I. Subekti, E.E., & Tsalatsa, A.N (2019). Pengembangan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik kelas 1 SD Taman Sar Pati. Jurnal Sinektik.

Wiratman , A. Mustaji, M., & Widodo. 2019. The effect of activity sheet based on outdoor learning on students sciens process skill. In jurnal of phsics: Conference Series. Vol, 1157. No. 2 p. IOB Publishing.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.21058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Meilisa Khonirma Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.