KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SANGKANAYU KABUPATEN TEGAL

Khofifatun Roziqoh, Intan Rahmawati, Aries Tika Damayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model STAD berbantu media video pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sangkanayu Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Eksperimen dengan desain pre experimental berupa one grup pretest  posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah sumua peserta didik kelas IV SD Negeri Sangkanayu Kabupaten Tegal yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling sampel jenuh, yaitu teknik pengambilang sampel yang menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired sample t test (uji t) dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan rata rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan medel STAD berbantu video (pretest) yaitu 58,57% dan setelah menggunakan medel STAD berbantu video (posttest) yaitu 76,19%. Siswa dapat mencapai ketuntasan belajar, baik individu dengan 17 siswa tuntas dari jumlah keseluruhan 21 siswa maupun klasikal dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 80,95%. Selanjutnya, hasil uji t terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,0813 > 2,09302 sehingga dapat disimpulakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya keefektifan Model Student Team Achievement Division (STAD) berbantu media video pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sangkanayu Kabupaten Tegal.


Keywords


keefektifan; model STAD; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia. (2023). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Sekolah Dasar. (2024, April 23). Kurikulum Merdeka.

Direktorat Sekolah Dasar. (2024, April 23). Hal – hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD.

Bskap Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Rostika, D. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 240-251.

Afifah, Y. N., Nizaruddin, N., & Endahwuri, D. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantu Whiteboard Animation Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 15-21.

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).

Octavia, Shilphy A. (2020). Model – model Pembelajaran. Yogyakarta:Deepublish

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana

Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi:Jejak

A’yun, D. Q., Prihandono, T., & Wahyuni, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Multimedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 152-157.

Sri, Ninik Widayati.,Hafis Muaddab. (2012). 29 Model – Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya:Garuda Mas Sejahtera.

Soleh, Muhammad Hapudin. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:Prenadamedia Group.

Jesmita, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2137-2143.

Chasanah, F. (2020). Keefektifan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Pada Hasil Belajar IPA. Joyful Learning Journal, 9(3), 177-183.

Nur, W. A. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Universitas PGRI Semarang.

Aulia, R. R. (2023). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Murtihapsari, M., Saharun, M., & Rombe, Y. P. (2023). Efektivitas Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Terhadap Hasil belajar Kognitif. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Utomo, D. P. (2020). Mengembangkan model pembelajaran. Yogyakarta: Bildung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suriat, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 22-31.

Safitri, S. I., Saraswati, D., & Wahyuni, E. N. (2021). Teori Gestalt (Meningkatkan Pembelajaran Melalui Proses Pemahaman). At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23-31.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.21128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khofifatun Roziqoh, Intan Rahmawati, Aries Tika Damayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.