Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Negeri 2 Tanggungharjo

Nur Hidayatul Hasanah, Kartinah Kartinah, Intan Rahmawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan antara lain: mengidentifikasi faktor internal yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa kelas 2 di SD Negeri 2 Tanggungharjo;  menganalisis faktor eksternal yang berkontribusi terhadap rendahnya motivasi belajar siswa kelas 2 di SD Negeri 2 Tanggungharjo; mengetahui langkah-langkah yang diambil oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 di SD Negeri 2 Tanggungharjo, khususnya dalam materi matematika. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Subyeknya adalah siswa kelas 2 dan guru kelas 2 SD Negeri 2 Tanggungharjo. Instrumen yang digunakan adalah instrumen utama, yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen bantu berupa lembar angket, lembar wawancara, dan lembar soal tes materi kelas 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika di kelas 2 SD Negeri 2 Tanggungharjo meliputi: sesuai kemampuan siswa; ketidakminatan siswa terhadap pelajaran matematika. Sedangkan faktor eksternal, yaitu kondisi teman sebaya yang mengganggu konsentrasi belajar; keterbatasan lingkungan kelas; keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran; peran lingkungan keluarga terhadap kebiasaan proses belajar siswa. Upaya guru dalam memajukan atau meningkatkan motivasi belajar, yaitu pendekatan personal untuk mendorong motivasi belajar siswa; perlakuan setara terhadap siswa dalam meningkatkan konsentrasi belajar; pembelajaran interaktif sebagai metode meningkatkan konsentrasi; pemberian pujian sebagai upaya penguatan positif dalam pembelajaran; penataan ruang kelas yang menarik untuk meningkatkan fokus belajar; dan penggunaan media proyektor untuk menunjang pemahaman melalui visualisasi gambar dan video.


Keywords


Motivasi belajar, faktor internal, faktor eksternal.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Asrofiyah, R., Rahmawati, I., & Cahyadi, F. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya Materi Volume Kelas V Sd Negeri 1 Rajekwesi Jepara. Wawasan Pendidikan, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9617

Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. Retrieved from https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44. https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121

Hendri, H. (2018). Upaya Guru dalam Membina Akhlak Siswa di MTsS PGAI Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 176–184. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.320

Istanja, M., & Nurmawati, H. (2023). Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Menggunakan Media Belajar Interaktif Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sokowaten Baru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universirtas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(2), 660–667.

Kartinah, Hafidz, D. I., & Sukamto. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1639–1643. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13099

Maulinisa, R., & Anrada, A. (2021). Aplikasi Media Pembelajaran pada Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di MIN 2 Kebonagung Imogiri Bantul, Yogyakarta. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 185–204. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.331

Nengsi, W., & Wahyuni, S. (2024). Meningkatkan Minat Belajar melalui Pemberian Apresiasi dan Penguatan Positif Pada Peserta Didik di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1 Pendahuluan, 7.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., … Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 1–23.

Silaswati, D. (2022). Mempersiapkan Kelas Yang Kondusif Dalam Upaya Optimalisasi Fokus Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Creative of Learning Students Elementary Education, 5(6), 1253–1258.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.21842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Hidayatul Hasanah, Kartinah Kartinah, Intan Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.