PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN-BAGIAN TUBUH SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 4 RANDUBLATUNG

Mukti Cahyo Lestari, Ferina Agustini, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas I SD tentang bagian tubuh manusia melalui media pembelajaran audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media pada penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media, ahli materi,dan angket tanggapan guru agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran audiovisual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bagian-bagian tubuh. Media audiovisual dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 80% dan 98%, validasi ahli materi sebesar 92% dan 80%. Media pembelajaran video animasi juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 96%. Tingkat keefektifan media audiovisual terhadap pemahaman bagian-bagian tubuh menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Dari nilai pre-test 50 dan post-test 95 dapat disimpulkan bahwa pemahaman bagian-bagian tubuh oleh siswa di katakan meningkat setelah menggunakan media audiovisual.


Keywords


media pembelajaran; audiovisual; IPAS; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Marisya, Aulia, and Elfia Sukma. 2020. “Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli.”Jurnal Pendidikan Tambusa 4(3): 2191.

Munadi, Yudi. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Gaung persada press.

Qonita Silmi, Muninda., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis sparkol videoscribe tentang persiapan kemerdekaan RI SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).

Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Sanjaya, Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke- 24. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.22123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 mukti cahyo lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.