EKSPLORASI KONTRIBUSI PEMBELAJARAN ALAM TERBUKA TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SEKOLAH DASAR ALAM UNGARAN

Sabar Kuswanto, Jupriyanto Jupriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi pembelajaran alam terbuka terhadap pengembangan keterampilan kolaborasi siswa di Sekolah Dasar Alam Ungaran. Pembelajaran alam terbuka memberikan pengalaman belajar langsung melalui interaksi dengan lingkungan sekitar, seperti berkebun, merawat hewan, dan pengamatan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran luar ruang memperkuat keterampilan kolaborasi siswa melalui kerja kelompok, diskusi aktif, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap peran tiap anggota. Selain itu, keterlibatan guru, orang tua, praktisi luar sekolah, dan masyarakat lokal turut mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kolaboratif. Pembelajaran berbasis pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kerja sama, tetapi juga membentuk kemandirian, kepekaan sosial, dan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sabar Kuswanto, Jupriyanto Jupriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.