KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG

Wahyu Rizka Uswatun Khasanah, Aloysius Yohanes Soegeng Yosohartono, Fillia Prima Artharina

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran numbered head together berbantu media flash card terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila  siswa kelas V SD Muhammadiyah 17 Semarang. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 17 Semarang. Desain penelitian ini adalah metode one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata pretest adalah 45, 23 dan rata-rata posttest adalah 83,18. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh sebesar 21,551  dan 1,721   dengan df = N-1=21 dan taraf signifikan 0,05 sebesar 1, 721dan taraf signifikan 5%. Karena nilai yaitu 21,551 1,721  maka ditolak dan diterima. Hal ini terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah mendapat perlakuan berupa model pembelajaran numbered head together berbantu media flash card terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Muhammadiyah.

Keywords


Model Pembelajaan Numbered Head Together, Media Flash Card, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Adan, Satria Ikhlasul Amal. 2023. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1, No. 2 Hal 76-86.

Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran SD. Sukabumi: CV Jejak

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Tampubolon, Rina Anggita, Sumarni Woro dan Utomo Adi. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5. No. 5. Hal 3125-3133.

Widayanti, Ninik Sri dan Muaddab, Hafis. 2018. 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wahyu Rizka Uswatun Khasanah, Fillia Prima Artharina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.