ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MENGACU PADA BUKU GURU DAN BUKU SISWA

Destiana Fitri, Fajar Cahyadi, Ervina Eka Subekti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemakaian media pembelajaran oleh guru pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran apa saja yang diperlukan pada saat pembelajaran matematika di kelas IV. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik analisis data penelitian kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menganalisis buku guru dan buku siswa berdasarkan tiga kriteria yaitu beban kognitif, multimedia dan konstruktivisme  dan di dua sekolah dasar bahwa kebutuhan media pembelajaran matematika kelas IV sangat beragam dan bergantung pada materi yang diajarkan. Sebagian besar materi membutuhkan media konkret agar peserta didik lebih mudah memahami konsep yang disampaikan. Media pembelajaran tidak hanya membantu peserta didik dalam memahami materi yang abstrak tetapi juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, aktif dan menyenangkan. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan media pembelajaran yang tersedia serta sulitnya peserta didik memahami isi buku tanpa bimbingan guru.


Keywords


media pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

References


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13.

Fatoni. M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora Universitas PGRI Madiun, 1, 68–77.

Habsy, B. A., Pd, M., Rosanti, D. E., Hamida, H. H., & Mukti, F. A. (2013). Makna Dan Cara Memilih Buku Guru Dan Buku Siswa Yang Sesuai Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Belajar.

Inayahtur Rahma Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil, F. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1.

UU No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 tentang Kurikulum.

Moleong. (2016). Metodologi penelitian kualtatif (edisi revisi).

Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.

Sahara, Y. (2022). Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II Tema 7 Kebersamaan. Skripsi, 2–3.

Subekti, E. E., Cahyadi, F., & Fajriah, K. (2017). Multimedia Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Dalam Mata Kuliah Matematika 1 Untuk Mahasiswa Pgsd. Journal of Medives, 1(2), 134–140.

Subekti, E. E., M. Yusuf Setia Wardana, & Apriliana, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Dilihat dari Kemampuan Menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang. Inventa, 5(1), 83–88.

Subekti, E. E., & Sari, P. D. R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Di Kelas V Sd Negeri Kauman Blora. Wawasan Pendidikan, 3(1), 227–237.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Wahyudi, R. (2020). Analisis Buku dalam Perspektif Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Nasional, 15(2), 45–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Destiana Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.