PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO BANGUN DATAR (NOBAR) DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA MATERI CIRI DAN SIFAT BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan, kelayakan, kevalidan, dan keefektifan media kartu NOBAR pada materi ciri dan sifat bangun datar kelas IV SDN 2 Lebak. Metode penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE serta desain pretes-postes satu kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, evaluative, dan kuantitatif. Instrument yang digunakan berupa angket penilaian validasi materi, validasi media, validasi kepraktisan, respon peserta didik, dan tes (pre test dan post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran yang terdapat di SD Negeri 2 Lebak sangatlah terbatas dan kurang maksimal dalam proses pembelajaran siswa sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yaitu media kartu domino bangun datar. Media Kartu Domino Bangun Datar (NOBAR) dengan Pendekatan Active Learning mendapatkan persentase penilaian kelayakan dan kevalidan materi 88,6% dan ahli media 98%. Sedangkan hasil dari uji kepraktisan guru kelas memperoleh nilai 97,5%. Pada uji keefektifan memperoleh n-gain score sebesar 0,68 dengan kriteria sedang dan n-gain persen sebesar 68% dengan kategori cukup efektif. Kesimpulannya Media Kartu Domino Bangun Datar (NOBAR) dengan Pendekatan Active Learning cukup efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman penalaran konsep materi Ciri dan Sifat Bangun Datar. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah Media Kartu Domino Bangun Datar (NOBAR) dengan Pendekatan Active Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk meningkatkan keterampilan penalaran matematis konsep Ciri dan Sifat Bangun Datar kelas IV semester 2 Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). “Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224
Al Ikhsan, I., Supriadi, N., & Gunawan, W. (2022). “Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 289.
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). “Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0”. Journal on Education, 5(4), 11777-11790.
Adi, L. (2022). “Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam”. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1-9.
Ahmad Susanto, (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana 0434,1-4. Prenada Media Group. Jakarta
Alvariani, N. P., & Sukmawarti, S. (2022). “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL JAWA UNTUK PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR”. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 43-51.
Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017a). “Kartu Domica Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 23–31.
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (M. P. Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Andriliani, L., Amaliyah, A., Prikustini, V. P., & Daffah, V. (2022). “Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri”. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169-1178.
Anggita, G. M. (2019). “Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa”. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Annisa bunga pertiwi, dwi novia ningrum. (2019). “Penggunaan Math Game Kartu Remi Berhitung (Karetung) Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Siswa”. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 60–78. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2312
Antika, K. M., Renda, N. T., & Jayanta, N. L. (2023). “Media Kartu Domino Modifikasi dengan Pendekatan Kontekstual pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar”. Indonesian Journal of Instruction, 4(1), 30–41.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta
Azizah, I. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). “PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI”. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 19-26.
Bunyamin, (2021). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Konsep dasar, inovasi, dan teori. UHANKA PRES. Jakarta
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis model ADDIE. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Dolong, H. M. J. (2016). “Teknik analisis dalam komponen pembelajaran”. Jurnal UIN Alauddin, 5(2), 293–300.
Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). “Kartu Domino Matematika: Representasi Dan Pemahaman Konsep Matematis.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 261–269.
Hamzah P., Ahmad S., Wawan K., Sayidiman (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM. Gunungsari.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif
dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. 2(2), 59–69.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). “Analisis Bahan Ajar. Nusantara”, 2(2), 311 -326.
Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). “Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Novia Fitri Maulida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.