EFEKTIVITAS METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DATA KELAS 5 SD NEGERI 1 KAWAK

Rizal Eka Valentino, Fajar Cahyadi, Sukamto Sukamto

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan disposisi matematis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi data kelas 5 SD Negeri 1 Kawak. Hal tersebut disebabkan kurangnya metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan disposisi matematis dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode drill dapat meningkatkan kemampuan disposisi matematis dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 1 Kawak pada materi data. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode drill dalam meningkatkan kemampuan disposisi matematis dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 1 Kawak pada materi data. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-experimental design dan tipe one-group pretest-posttest design. Untuk populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Kawak. Dengan sampel yang digunakan yaitu pada kelas V yang berjumlah 19 siswa. Data penelitian diperoleh dari angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data sebelum diberikan perlakuan, diperoleh nilai pre test terendah yaitu 35 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 55. Sedangkan setelah diberikan perlakuan, diperoleh nilai post test terendah yaitu 60 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 82. berdasarkan analisis uji t paired sample T-Test diperoleh  28.2549. Sedangkan  2.101 dan taraf signifikan 5%. Karena hasil >   maka  ditolak dan  diterima maka dapat diartikan metode drill efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan disposisi matematis siswa kelas 5 SDN 1 Kawak pada materi data. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode drill dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.


Full Text:

PDF

References


Ali. (2023). View Of Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Pada Siswa Kelas V Sd. Retrieved January 23, 2025. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Issn Cetak:2477-2143 Issn Online:2548-6950 Volume 08 Nomor 01.

Amir, A., & Si, M. (2021). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forumpaedagogik Vol.Vi,No.01.

Anita, A. & N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Drill Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 4, No 12.

Anitah. (2021). View Of Peran Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus:Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Latifah, L. N. H., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2020). Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Kuphan Terhadap Hasil Belajar Matematika. 3. Journal For Lesson And Learning Studies Vol. 3 No.3.

Mahmuzah. (2022). Pengembangan Instrumen Skala Disposisi Matematis | Mahmuzah | Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 2, No 1.

Mufli. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis | Muflihatusubriyah | Alphamath:Journal Of Mathematics Education.

Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Hapsari, M. A. P., & Cahyaningrum, D. Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iii Sdn 2 Karangrejo. 4(2). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-Mr) Vol. 4, No. 2, Desember 2023, 188-194 E-Issn:2723-6153.

Rivai, S., & Mohamad, F. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas Iv Sekolah Dasar. Aksara:Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 685.

Sudanta, I. W. (2023). Penerapan Metode Drill Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal Of Education Action Research, 7(4), 495–500.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabet.

Sukamto. (2013). View Of Strategi Quantum Learning Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Disposisi Dan Penalaran Matematis Siswa. Journal Of Primary Education 2 (2).

Sutiah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Drill Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 165726 Tebing Tinggi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1), 155–164.

Widiastuti. (2021). View Of Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Dengan Metode Drill Siswa Kelas Vi Sd Negeri Limbangan 06 Tahun Pelajaran 2019/2020. Insan Cendekia – Vo. 2, No. 1, 2021.

Zamratul, Aini. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Drill Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Muara Aman. Perspektif:Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(1), 208–217.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rizal Eka Valentino, Fajar Cahyadi, Sukamto Sukamto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.