SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENANGANI SISWA SLOW LEARNER

Winda Kurniasari, Yuli Kurniawati Sugiyono Pranoto, Diana Diana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merangkum berbagai strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mendampingi siswa slow learner di sekolah dasar inklusif. Pendekatan yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan data sekunder dari artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2021 hingga 2025. Artikel diperoleh melalui Google Scholar, SINTA, dan GARUDA. Dari 105 artikel yang ditemukan, 20 artikel yang relevan dianalisis secara mendalam. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran efektif bagi siswa slow learner meliputi pendekatan individual, pembelajaran remedial, penggunaan media visual dan konkret, pengulangan materi, serta penyampaian materi secara bertahap dan sederhana. Model pembelajaran seperti cooperative learning, multiple intelligence, serta teknik mnemonic dan metode kreatif seperti Ligapo dan Reading Guide terbukti meningkatkan pemahaman, daya ingat, dan motivasi belajar siswa. Selain itu, dukungan guru pendamping, pengelolaan kelas yang adaptif, serta keterlibatan orang tua dan kolaborasi dengan konselor berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang inklusif dan efektif. Kajian ini memberikan rekomendasi penting bagi pendidik dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang ramah dan adaptif bagi siswa slow learner.


Keywords


Slow learner, Strategi pembelajaran guru, Sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. (2022). Pengembangan Teknik Ligapo untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Inklusi pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i1.276

Annisa, Y. N., Marmoh, S., & Hadiyah, H. (2023). Strategi Pembelajaran Anak Lamban Belajar (Slow Learner) Pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 9–15. https://doi.org/10.20961/ddi.v10i5.66955

Arnez, G., & Utami, I. S. (2022). Strategi Penanganan Guru Kelas Bagi Slow Learner di Sekolah Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 10(2), 30–36. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/121765

Asri, O. S., & Nuroh, E. Z. (2023). Teacher strategies for teaching slow learners in low-grade primary schools. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education, 6(2), 129. https://doi.org/10.33578/jtlee.v6i2.8031

Bagas, M., Cahyo, N., Fauziyah, I. Z., & Dinda, A. S. (2025). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE. PENEROKA:Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan SastraIndonesia, 5(1), 34–50.

https://doi.org/10.30739/peneroka.v5i1.3616

Darwanti, A., Latif, A., Wahyuni, S., Widyasari, C., & Minsih. (2024). Strategi Inklusif untuk Mengakomodasi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(2), 18–25. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i2.3

Devi, R. A., Rahayu, G., & Dhani, A. R. (2022). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) di SD Inpres Oeba 1 Kota Kupang. Abdi Masyarakat, 4(2), 196–200. https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4409

Dwiyanto, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Anak Slow Learner Dalam Pembelajaran Di SDN Baddurih. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(5), 106–114. https://journal.arimsi.or.id/index.php/Algoritma/article/view/146

Ernawati, A., Sumiati, C., Hendrayana, S. P., Pertiwi, H., & Yunitasari, S. E. (2023). Optimalisasi Pembelajaran untuk Anak Slow Learner. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3767–3772. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2091

Fadliya, I. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Siswa Slow Learner Di Sekolah Dasar. Walada:Journal of Primary Education, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.61798/wjpe.v1i1.1

Fakhruddin, F. M., Citra, R. Y., Yulia, R., Sutarto, & Minsih. (2024). Cooperative Learning Model:Learning Solutions for Slow Learner Students in Elementary Schools. International Journal of Islamic Teaching and Learning, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.69637/ijiting.v1i1.19

Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. In Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf

Fillia, A., & Kaltsum, H. U. (2023). Implementation of a Multiple Intelligence-based Learning Model for Students with a Tendency to be Slow Learners. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 551–557.

Fitriana, D., Putri, R. I., N, E. F., & Shoriah, K. A. (2024). Tinjauan Terhadap Paradigma Pengembangan Anak:Strategi Pendidikan Untuk Memperkuat Potensi Siswa Slow Learner DI SDN 03 Alai. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6310–6325.

Minsih. (2020). Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar:Merangkul Perbedaan dalam Kebersamaan. Muhammadiyah University Press.

Misky, R., Witono, A. H., & Istiningsih, S. (2021). Analisis strategi guru dalam mengajar siswa slow learner di kelas IV SDN Karang Bayan. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65.

Misykah, Z. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Kelas dalam Mengajar Siswa Slow Learner di Kelas Rendah. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6.

http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/sentra/index

Nurfadhillah, S., Faziah, S. N., Fauziah, S. N., Nupus, F. S., Ulfi, N., Fatmawati, F., & Khoiriah, S. (2022). Analisis Strategi Guru dalam Mengajar Siswa Lambat Belajar atau Slow Learner di Kelas II SDN Kunciran Indah 7. MASALIQ:Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.92

Prasetya, B. D., Mustofa, Junaedi, I., & Kurniasih, A. W. (2025). Systematic Literature Review (SLR):Kemampuan Literasi Matematika dalam Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika ditinjau dari Self-Efficacy. PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp.230-241.

Purwanti, P., Minsih, M., Desstya, A., & Prastiwi, Y. (2022). Pembelajaran Tematik Terintegrasi pada Siswa Slow Learner Saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(3), 3575–3583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2662

Rachmadhani, S. A. D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. In Asatiza:Jurnal Pendidikan (Vol. 4, Issue 3, pp. 178–192).

https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Simbolon, M. E., Borolla, F. V., Prasrihamni, M., & Supena, A. (2022). Mnemonic Techniques in Slow Learner Student Learning in Elementary School. Jurnal Kependidikan:Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(2), 470.

https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.5143

Sintawati, M., Sukma, H. H., Mardati, A., Feruzi, S. M., & Satrianawati, S. (2024). Pre-service teachers’ pedagogical knowledge and attitudes towards slow learner students. Journal of Education and Learning, 18(4), 1117–1124.

https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21626

Soraya, N., Mendrofa, N. E., Shalihah, N., Nainggolan, Y. R. C., & Nasution, A. A. B. (2024). Peran Hubungan Orang Tua Dan Anak Slow Learner dalam Mendukung Proses Pendidikan. Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(3), 1–6.

Sukma, H. H. (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar. K-Media.

Supriyani, W., Karma, I. N., & Khair, B. N. (2022). Analisis Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) di SDN Tojong-Ojong Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1444–1452.

https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.781

Suretdawati, L. (2022). Systematic Literature Review:Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 109–116. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpm.2022.72.02

U.Usep, Imelda Susila Wirahardja, Winda Safarin, Sri Rahmawat, & Budi Susetyo. (2023). Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Melalui Eksperimen Dalam Pembelajaran Komposisi dan Dekomposisi Bilangan Bagi Anak Slow Leaner. Inspirasi Dunia:Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 88–109.

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1443

Wafiqni, N., Rahmaniah, N., & Supena, A. (2023). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Inklusif. Primary:Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(1), 95–112. https://doi.org/10.32678/primary.v15i1.7800

Zakiah, L., Supena, A., & Wulandari, N. (2022). Parents Collaborative Approach to Handle Slow Learners in The Inclusive Elementary Schoo. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 116–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.41429




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Winda Kurniasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.