PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI BERKENALAN DENGAN BUMI KITA KELAS V SD NEGERI KRAWITAN

Diyan Melani, Diana Endah Handayani, Ervina Eka Subekti

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih belum maksimal dalam penggunaan media interaktif, biasanya hanya di tayangkan video youtube saja. Di sekolah tersebut belum terdapat media pembelajaran berbasis literasi sains yang dapat mengembangkan literasi sains siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif  berbasis literasi sains pada materi Berkenalan dengan Bumi Kita di kelas V SD Negeri Krawitan? (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains pada materi Berkenalan dengan Bumi Kita di kelas V SD Negeri Krawitan?. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains dalam pembelajaran  IPAS materi Berkenalan Dengan Bumi Kita siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah research and Development dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan angket validasi ahli dan angket respon dengan pengolahan data menggunakan skala likert. Media pembelajaran interaktif ini dibuat dari aplikasi power point yang terdapat aktivitas timbal balik dua arah pada setiap menu slide termasuk didalam soal-soal interaktif, skema warna dan format huruf yang bervariasi menonjolkan inti dari paparan materi untuk memudahkan siswa menemukan inti dari bacaan materi, media pembelajaran ini sudah terdapat aktivitas literasi sains pada paparan materi, kegiatan eksperimen & diskusi serta soal-soal interaktif  berbasis literasi sains sesuai dengan aspek-aspek literasi sains. Media yang telah peneliti kembangkan juga diinovasikan dengan menambahkan soal teka-teki silang menggunakan link wordwall agar lebih menonjolkan interaktivitas media dengan pengguna (siswa). Berdasarkan validasi ahli media yang memperoleh nilai rata-rata dengan persentase sebesar 98% dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata nilai dengan persentase 92% dengan kategori “sangat layak” dan validasi ahli bahasa dengan presentase 98% dengan kategori “sangat layak”. Hasil angket respon oleh guru dengan persentase nilai sebesar 96% dan pada angket respon siswa mendapatkan nilai dengan persentase 95%, keduanya mendapatkan kriteria “sangat layak”. Kesimpulanya media interaktif yang telah dikembangkan peneliti telah valid, dapat memberikan pemahaman materi pembelajaran dan juga diterima sebagai media pembelajaran kelas V.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Literasi Sains, Materi Berkenalan dengan Bumi Kita.

Full Text:

PDF

References


Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft PowerPoint. JUTECH: Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (n.d.) (2022). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.

Firdausy, B. A., & Prasetyo, Z. K. (2020). Improving scientific literacy through an interactive e-book: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 1.

L. Arifin, & Sunarti, T. (2017). The improvement of students' scientific literacy through guided inquiry learning model on fluid dynamics topic. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya, 2017, 68-78.

Mardhiyah, R. H. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 33.

Mauliana, A. D., Baedowi, S., & Handayani, D. E. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Mengenal Organ Pencernaan Manusia Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 12(1), 1-12.

OECD. (2019). Combined executive summaries, PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do.

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374.

Riawan, M. R. I., Sukamto, S., & Subekti, E. E. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Buku Aktivitas Peta Si Pintar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 95-104.

Riduwan. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik Kelas I SD N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik, 2(1), 26.

Yumniya, A., & Handayani, D. E. (2025). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Guyangan. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 01-15.

Zahwa, Feriska Achlikul, & Syafi’i, Imam. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(1),61–78. https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diyan Melani, Diana Endah Handayani, Ervina Eka Subekti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.