PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL ANYAMAN BAMBU PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis kearifan lokal kriya anyam pada materi persendian manusia didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Media yang diberikan sering kali kurang mampu memfasilitasi pemahaman konsep yang kompleks seperti Persendian Pada Manusia, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Dalam pengembangan ini juga mengangkat nilai seni agar siswa tetap mengetahui seni lokal yang ada di indonesia, materi IPAS persendian pada manusia ini digabungkan dengan kesenian kriya anyam sebagai alat peraga konkrit dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan canva dan kriya anyam pada materi sendi pada manusia serta mengetahui kelayakan media tersebut dalam meningkatkan pemahaman siswa. Media pembelajaran berbasis kearifan lokal kini semakin diperlukan untuk memfasilitasi pembelajaran yang interaktif dan menarik. Canva dipilih sebagai platform karena kemudahannya dalam pembuatan desain yang visual dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli materi, ahli media, guru kelas serta uji coba pada siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar penilaian kelayakan media oleh para ahli, angket respon guru kelas dan kuesioner respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat layak dari ahli materi dengan presentase 95% kategori Sangat layak digunakan dan ahli media dengan presentase 98% kategori sangat layak digunakan, penilaian guru kelas VI SDN Tlogosari Wetan 01 dengan presentase 95% ketegori sangat layak digunakan, serta respon siswa mendapatkan persentase 90%. Oleh karena itu perolehan skor rata-rata yang memenuhi kriteria kelayakan. Selain itu, hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan Canva ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep Persendian Pada Manusia. Serta siswa dapat memberikan respon positif terhadap media yang interaktif dan mudah dipahami dengan diperoleh penilaian respon siswa mendapat persentase 90%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan Kriya Anyam pada materi persendian pada manusia ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran berbasis digital lainnya yang inovatif dan menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaiphar, W., Sakolnakorn, T. P. N., & Naipinit, A. (2013). Local wisdom in the environmental management of a community: analysis of local knowledge in Tha Pong Village, Thailand. Journal of Sustainable Development, 6(8), 16.
Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema keadilan , 5 (1), 16-31.
Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. SAAT INI WEBSITE PAUDIA TELAH BERMIGRASI KE (https://journal2. upgris. ac. id/index. php/paudia), 2(1 mei).
Prasetyo, O., & Kumalasari, D. (2021). Nilai-Nilai Tradisi Peusijuek Sebagai Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal: Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 359-365.
Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2).
Siregar, V. M. M., Sugara, H., & Siregar, I. M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Barang Pada PT. Serdang Hulu. Jurnal Computech & Bisnis (e-journal), 12(2), 111-117.
Sugiyono, T., Sulistyorini, S., & Rusilowati, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa bervisi sets dengan metode outdoor learning untuk menanamkan nilai karakter bangsa. Journal of Primary Education, 6(1), 8-20.
Sugiyono, A. (2018). Buku Ajar Perencanaan Tata Letak Fasilitas (PTLF).
Sundari, R. S. (2016). Pengembangan kepribadian dalam pembelajaran seni tari di sekolah. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(1), 61-66.
Sundari, R. S. (2021). Eksotisme Ragam Gerak Tari Dalam Kesenian Barongan Kusumojoyo Demak Sebagai Kesenian Pesisir. Jurnal Seni Tari, 10(2), 112-119.
Sutopo, H. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Tersedia: http://www. topazart. info/teks_teaching/mat/flash/tutorialBahanAjar Multimedia. Pdf.
Suyanto, M. (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Penerbit Andi.
Wahyuni, R., Edriani, D., Sari, F., & Irfani, H. (2022). Work engagement, komitmen organisasi dan pengembangan sdm terhadap kinerja karyawan generasi milenial. Jurnal Ekobistek, 118-123.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). pembelajaran IPA di sekolah dasar. Deepublish.
Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas III Sdn Wonotingal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5211-5233.
Wijayanti, A., & Basyar, M. A. K. (2017). Pengembangan E-portofolio Tematik-Terpadu Berbasis Web Blog untuk Menanamkan Karakter Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran IPA. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 30-39.
Wijayanti, A., Wiyanto, W., Ridlo, S., Parmin, P., Rusilowati, A., & Cahyono, E. (2022, September). Evaluasi perkuliahan pembelajaran IPA SD dengan project based learning menggunakan model Countanance Stake. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 130-136).
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(2), 255-270.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dandy Haryanto Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.