PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STEAM MATERI IPAS KELAS V SDN TLOGOSARI WETAN 01

Rivta Amalia Rosalina, Arfilia Wijayanti, Mira Azizah

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya media yang diberikan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Permasalahan dalam penelitia ini adalah 1) Bagaimanakah karakteristik media pembelajaran interaktif berbasis STEAM untuk mata pelajaran IPAS kelas V SDN Tlogosari Wetan 01? 2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis STEAM untuk mata pelajaran IPAS kelas V SDN Tlogosari Wetan 01? 3) Bagaimanakah respon siswa dan guru dalam media pembelajaran interaktif berbasis STEAM untuk mata pelajaran IPAS kelas V SDN Tlogosari Wetan 01? Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis STEAM pada materi IPAS kelas V serta mengetahui kelayakan dan kevalidan media tersebut dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis STEAM pada materi IPAS . Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli materi, ahli media, guru kelas serta uji coba pada siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar penilaian kelayakan media oleh para ahli, angket respon guru kelas dan lembar respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat layak dari ahli materi dengan persentase 96% kategori sangat layak digunakan dan ahli media dengan persentase 98 % kategori sangat layak digunakan, penilaian guru kelas V SDN Tlogosari Wetan 01 dengan persentase 95% ketegori sangat layak digunakan dan respon siswa mendapatkan respon positif dengan persentase 92% Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis STEAM pada materi IPAS kelas V ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


media pembelajaran; STEAM; sistem pernafasan manusia

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Azizah, M., Rofian, R., & Sholikhah, I. R. (2021). Penggunaan Media Montase untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 65-69.

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh pembelajaran steam (science, technology, engineering, arts, and mathematics) terhadap kreativitas peserta didik. Biolearning Journal, 8(1), 24-26.

Fatria Fita Listari.(2017). ”Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia.Volume 2. Nomor 1.(hlm 142).

Irdalisa, I., Amirullah, G., & Dirza, A. F. (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis steam bagi guru IPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1393-1401.

Jelita A. (2021). Pengembangan media pembelajaran video kelas III tema 6 “Energi dan Perubahannya” di sekolah dasar.

Nelmi, F., & Amini, R. (2023). Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140-1253.

Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021, February). Bahan ajar berbasis stem dalam pembelajaran matematika: potensi dan metode pengembangan.In PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 298- 302).

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374.

Raaihani (2021). Penggunaan media pembelajaran infografis canva pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Rohani, R., Sukmawati, R. A., Adini, M. H., Purba, H. S., & Pramita, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Trigonometri dengan Metode Drill and Practice pada Kelas X. Computing and Education Technology Journal, 5(1), 64-77.

Saluky, S., & Misri, M. A. (2016). The Use Effects Of Interactive Multimedia Edutainment On The Achievement Improvements In Mathematics. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 1(1), 1-15.

Wijayanti, A., Wiyanto, W., Ridlo, S., Parmin, P., Rusilowati, A., & Cahyono, E. (2022, September). Evaluasi perkuliahan pembelajaran IPA SD dengan project based learning menggunakan model Countanance Stake. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 130-136).

Wijayanti, A., & Basyar, M. A. K. (2017). Pengembangan E-portofolio Tematik-Terpadu Berbasis Web Blog untuk Menanamkan Karakter Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran IPA. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 30-39.

Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas III Sdn Wonotingal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5211-5233

Wulandari, S. (2020). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan menggali informasi dari dongeng peserta didik kelas II sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 1(1), 01-06.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 rivta amalia rosalina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.