ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD BILINGUAL MUHAMMADIYAH 1 PURWODADI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa inggris, mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa inggris, dan mendeskripsikan kendala pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa inggris siswa kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian (1) perencanaan pembelajaran bahasa inggris berupa silabus dan RPP sudah tercantum nilai karakter yang akan direalisasikan kepada peserta didik. (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa inggris sudah terlaksana dengan baik dan diperoleh dari nilai-nilai karakter tersebut yaitu nilai karakter religius mendapatkan rata-rata 93%, nilai karakter nasionalisme mendapatkan rata-rata sebesar 65,9%, nilai karakter gotong royong mendapatkan rata-rata sebesar 87,8%, nilai karakter integritas mendapatkan sata-sata sebesar 86,1%, dan nilai karakter mandiri mendapatkan rata-rata sebesar 85%. (3) kendala pelaksanaan pendidikan karakter dimasa pandemi yang dilakukan dengan sistem belajar guling (guru keliling) yaitu terbatasnya waktu dan kurangnya penggunaan media.
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter:Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Akhwan, Muzhoffar. 2014. “Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah” dalam EL-TARBAWI Volume 7, Nomor 1 (hal 61-67).
Anggeraini, Yeni. 2015. “Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris” dalam Seminar Nasional (Halaman 194-198). http://journal.unbara.ac.id/index.php/prosiding/article/view/76/63 .
Budiman,dkk. 2019. “Nilai Karakter Buku Siswa kelas IV Tema Tempat Tinggalku” dalam Seminar Pendidikan Nasional Volume 1, Nomor 1 (halaman365-371). http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/392/237 .
Khotimah, dkk. 2019. “Analisis Program Penguatan Pendidikan Karaktetr (PPK) di SDN Karanganyar Gunung 01 Semarang dan Dampak dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa” dalam Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) Volume 1, Nomor 1 (Halaman 157-162). http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/369/214 .
Mulyasa, E. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ningrum, dkk. 2019. “Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi”.dalam Indonesian Values and Character Education Journal Volume 2, Nomor 2 (Halaman 69-78). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/19436/11509 .
Octavita, Astri Indriana dan Ria Saraswati. 2017. “Integritas Pendidikan Berkarakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris” dalam Jurnal Terapan Abdimas Vol 2 (hal 33-40).
Setyani, dkk. 2019. “Pengembangan CD Interaktif Macromedia Flash Berbasis Nilai Karakter Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku kelas IV” dalam Jurnal Sinektik Volume 2, Nomor 2 (Halaman 185-198). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/3331/2804 .
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, A, dkk. 2017. Pengembangan E-portofolio Tematik-Terpadu Berbasis Web Blog untuk Menanamkan Karakter Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran IPA. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 30-39.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.