PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEMA 7 SUB TEMA 1 KELAS IV SDN MRANGGEN 2 DEMAK

Gesti Mustikasari, Arfilia Wijayanti, Ferina Agustini

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah  a) menguji kevalidan media video berbasis kontekstual pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2. b) menguji kepraktisan dan kegunaan media video berbasis kontekstual pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (research & development). Prosedur dakam penelitian dan pengembangan ini menerapkan prosedur ADDIE. Media dalam pengembangan ini harus melalui subjek penilai yaitu validasi ahli media, ahli materi, dan angket tanggapan guru untuk memperkuat validasi media. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media  dan data ahli materi dan hasil uji coba produk. Instrument pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media video berbasis pendekatan kontekstual pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1.

Hasil penilaian angket media video berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi. Hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 90%. Validasi ahli materi sebasar 92%. Media video berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan praktis dan berdayaguna. Hal ini dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 91% dan dari tanggapan siswa sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa media video berbasis pendekatan kontekstual valid, praktis, dan berdayaguna untuk pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media video berbasis pendekatan kontekstual ini dapat dikembangkan dengan materi tema ataupun subtema yang lain sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Tematik.


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS

KONTEKSTUAL DI MANGGARAI UNTUK BELAJAR

Khasanah, N. N. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUB-TEMA “AKU DAN CITA-CITAKU” (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Khotijah, S., Sukamto, S., & Budiman, M. A. (2018, September). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU MACROMEDIA FLASH MATERI FPB DAN KPK UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.

Putri, F. A., Yuliati, S. R., & Utami, N. C. M. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Dinamika Matematika Sekolah Dasar, 1(1), 1-19.

Roza, M. A. 2018. PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN VIDEO AMIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPA KELSA IV DI SEKOLAH DASAR.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah ( pbm ) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma se-kuala nagan raya aceh, ix(2). Genta Mulya. Volume Ix No. 256–70.

Trianto. 2017. Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003

Wijayanti, A., & Basyar, M. A. K. (2017). Pengembangan E-portofolio Tematik-Terpadu Berbasis Web Blog untuk Menanamkan Karakter Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran IPA. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 30-39




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan



Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.