Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Makanan Gizi Seimbang Terhadap Pertumbuhan Anak Usia 1-2 Tahun

alifatun nikmah, Ratna Wahyu Pusari, Nila Kusumaningtyas

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perilaku pemberian makan yang dilakukan orang tua berperan penting dalam  memenuhi kebutuhan zat gizi anak. Orang tua, terutama ibu bertanggung jawab terhadap pengasuhan anak termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu mengenai makanan gizi seimbang terhadap pertumbuhan anak usia 1-2 tahun di desa Tanjung Anom. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah anak umur 1-2 tahun di Posyandu Anom Jaya Desa Tanjunganom. Sampel yang diambil adalah sebanyak 30 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui Antropometri, dokumentasi,  pedoman puku KMS (Kartu Menuju Sehat) dan kuesioner. Hasil analisis kuesioner Berdasarkan hasil diatas diperoleh ttabel pada taraf signifikansi a= 5% sebesar 1,69913 dan thitung= 9,6240951. Maka thitung> ttabel= 9,6240951 > 1,69913 yang artinya hipotesis nol ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat tingkat pengetahuan orang tua mengenai makanan gizi seimbang terhadap pertumbuhan anak usia 1-2 tahun di desa Tanjunganom. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan dari penulisan adalah supaya orang tua dapat  meningkatkan pengetahuannya tentang makanan gizi seimbang terhadap pertumbuhan anak serta berperan aktif dalam pemantauan pertumbuhan anak secara mandiri.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik : Cetakan 14. Jakarta : Rineka Cipta

Brown, E.J. 2005. Metode Mencari Penyebab Kekurangan Gizi pada Anak-anak. Jawa Tengah: Dep.Kes RI

Crie Handini, Myrnawati; Dewi, Anita Candra. Pengaruh Pengetahuan Gizi Status Sosial Ekonomi, Gaya Hidup Dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak (Studi Kausal Di Pos Paud Kota Semarang Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Gunawan, Gladys, Eddy Fadlyana, and Kusnandi Rusmil. "Hubunga Status gizi dan perkembangan anak usia 1-2 tahun" Sari Pediatri 13.2 (2016): 142-6.

Irianto, Koes. 2014. Gizi Seimbang Dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung

Kementrian Kesehatan RI, 2010, Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar 2010, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI

Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas Nasional 2007)

Moehji,S. 2003. Ilmu Gizi 2 : Penanggulangan Gizi Buruk.Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Muhilal & Damayanti, D. 2006. Hidup Sehat. Gizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah.

Notoatmodjo S, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Rineke Cipta, Jakarta.

Nurchayati,Dewi&Ratna Wahyu Pusari."Upaya Meningkatkan pengetahuan Makanan Sehat Melalui Penerapan Sentra Cooking pada Kelompok Bermain B di Paud Baitus Shibyaan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015." PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3.2 Oktober (2014).

Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono,S.2017.Metode penelitian pendidikan.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono,S.2017.Metode penelitian &pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono,2008.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta. Hal : 124.

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sulistyoningsih, Hariyani. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriasa. (2001). Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

WHO Multicentre Growth References Study Group. WHO Child Growth Standart based on length/height, weighth at age. Acta Paediatr 2006;450:76-85.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.