MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAKTERHADAP MACAM-MACAM RASADENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAN PERTIWI PADAS KELOMPOK B
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan pemahaman anak terhadap macam-macam rasa dengan menggunakan metode eksperimen di Taman Kanak-kanak Pertiwi padas Kelompok B pada tanggal 24 Maret – 25 Maret 2019 dan tanggal 1 April – 2 April 2019. Subjek penelitian ini adalah anak didik Taman Kanak-kanak Pertiwi padas yang berjumlah 25 anak dan 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan dokumentasi.analisa yang digunakan adalah analistik statistic deskriptif dan aktifitas anak-anak didik Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap hasil belajar anak pada kegiatan mengenal macam-macam rasa dan kondisi akhir atau siklus 2 terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat signitikan Pada kondisi awal anak yang sudah mencapai indicator baru anak yaitu sekitar 2% sedangkan pada akhir siklus pertama arnak yang sudah mencapai indicator meningkat menjadi 13 anak atau sekitar 51% dan pada akhir siklus kedua, anak yang sudah mencapai indicator sudah meningkat lagi menjadi 23 anak yaitu sekitar 92% artinya dari kondisi awal kekondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 69% dan hanya 2 anak yang belum mencapai indikator
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gunarti, Winda,ddk. 2008.Metode Pengembangan perilaku dan kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Cet ke-1. Jakarta : Universitas Terbuka.
R, Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Cet ke1. Jakarta: Rineka Cipta.
Aisyah,Siti,dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar PerkembanganAnak UsiaDini.Cet ke-6. Jakarta :Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bangsa. 1990 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Wardhani,IGAK dan KuswayaWihardit. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Cetke6. Jakarta: Universitas Terbuka.
DWijana, Widarmi, ddk. 2008.Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Cetke2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yufiarti dan Titi Chandrawati. 2008. Profesionalitas Guru PAUD. Cet ke-2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asmawati, Luluk. ddk.2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak UsiaDini.Cet ke-2,. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukartono, Agus.2002. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Jember. IKIPPGRI.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.