PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR

Dhimas Wahyu Prasetya

Abstract


Perbaikan pembelajaran IPA pada tema lingkungan dengan materi bagian-bagian tumbuhan, sebagian besar siswa mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 70. Oleh karena itu guru berupaya melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran make a match (mencari pasangan) berbantuan media gambar. Tujuan perbaikan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk hasil belajar pada pra siklus ketuntasan siswa 40%  kemudian ketuntasan pada siklus I meningkat menjadi 65% dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode make a match (mencari pasangan) berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tema lingkungan dengan materi pokok bagian-bagian tumbuhan di kelas IIA Semester I SD N Kemijen 03 Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.


Keywords


Hasil belajar, Make a match, PTK

Full Text:

PDF

References


Ainamulyana. (2012). Pengertian Metode Belajar dan Jenisnya. Di unduh 30 September 2019 dari http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html

Bruce, J. (2009). Model of Teaching,8th edition, allyn & Bacon. USA

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bhineka Cipta

Hamzah, Syukri. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama

Iskandar, M. (2001). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung. CV Maulana

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Bahan Pelatihan : Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mebentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum

Khusniati,M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Hal 204-210

Miarso, Yusufhadi. (1989). Teknologi Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI, Ditjen Dikti Depdikbud.

Mihtahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Perduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Vol XIX,No 2

Ramdhan, T. (2008). Pembelajaran Kooperatif “Make a Match. Diunduh 30 September 2019 dari https://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/

Sapriati, Amalia. (2008). Pembelajaran IPA di SD : Media dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Suryabrata, Sumadi. (2004), Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali

Yusuf, Syamsul. (2012). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan



Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.