PERBAIKAN PEMBELAJARAN MELALUI PENILITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TENTANG KEMAMPUAN MEMBILANG BENDA DAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA PENGEMBANGAN KOGNITIF DI TK HANDAYANI BANJARANYAR KELOMPOK A SEMESTER 1 TAHUN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Kognitif anak melalui kegiatan membilang banda dan pengenalan konsep bilangan dengan menggunakan metode demonstrasi dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik dengan cara mendengar, menirukan serta mengamatidi TK Handayani Banjaranyar tahun pelajaran 2018/2019 Subyek penelitian ini adalah guru dan anak pada anak kelompok A TK Handayani Banjaranyar yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode demonstras. Dari hasil analisis Bab IV disimpulkan bahwa dengan menggunakan media yang menarik dengan cara mendengar, menirukan, serta mengamati dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan membilang pada kelompok A di TK Handayani Banjaranyar tahun pelajaran 2013//2014. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk siklus-siklus seolah-olah merupakan proses daur ulang mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari siklus-siklus kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut : Siklus 1 prosentase siswa yang mampu membilang sebanyak 7 anak (43,7 %), pada siklus 2 diperoleh prosentase keberhasilan menjadi 14 anak (87,5 %), sehingga dapat diakatakan bahwa penelitian ini telah berhasil.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.