MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BALAP KARUNG MEMINDAHKAN BOLA PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH AL HUSNA KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL

Firma Prawidyasari

Abstract


Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B. Hal ini dapat dilihat ketika melakukan gerakan berayun, mengangkat, bergoyang, merentang, memeluk, melengkung, memutar, membungkuk dan mendorong. Keterampilan ini membutuhkan keseimbangan atau kestabilan tubuh, yaitu gerakan yang membutuhkan keseimbangan pada taraf tertentu seperti, berputar dan mengayunkan kedua tangan di tempat. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan motorik kasar pada anak didik; (2) peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak melalui kegiatan bermain balap karung memindahkan bola. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak TK Aisyiyah Al Husna Gemuh Kendal yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain balap karung memindahkan bola yang dilakukan pada anak TK Aisyiyah Al Husna Gemuh Kendal dapat disimpulkan bahwa melalui bermain balap karung memindahkan bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak. Hal tersebut ditandai  dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I, dapat diketahui bahwa ketuntasan yang dicapai sebanyak 11 anak (52,38%). Pada siklus II yang ketuntasan yang dicapai sebanyak 80,95% atau 17 anak dinyatakan berhasil, dari pencapaian hasil pembelajaran siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan pada siklus berikutnya. Disimpulkan bahwa melalui bermain balap karung memindahkan bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar.

Keywords


motorik kasar, bermain, balap karung, bola

Full Text:

PDF

References


Aden Ranggiasanka. 2011. Serba-serbi Pendidikan Anak Menciptakan dan Mengoptimalkan Generasi Unggulan. Siklus. Yogyakarta.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta : Prenada Media.

Elizabeth B. Hurlock. 2005. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa, Muslichah Zarkasih. Jakarta : Erlangga.

Jasa Ungguh Muliawan. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Gava Media. Yogyakarta.

Lexy Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Maimunah Hasan. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press. Jogjakarta.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muhammad Fadhillah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta. Ar-Ruz Media

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Richard Decaprio. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Soemiarti Patmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara. Jakarta.

Zainal Aqib. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Bandung : Nuansa Aulia.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan



Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.