IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA BALOK DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK 5-6 TAHUN

Uliyana Uliyana, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti, Purwadi Purwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui lebih dalam pelaksanaan pembelajaran sentra balok yang diselenggarakan oleh TK ABA 04 Semarang, 2) Mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran sentra balok dalam mengembangkan perilaku sosial di kelompok B2. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran sentra balok melalui 4 pijakan bermain yaitu: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. Kegiatan pijakan lingkungan main meliputi Penataan lingkungan main. Kegiatan pijakan sebelum main meliputi; Penyambutan anak, hafalan, berdoa, bernyanyi, diskusi tema, penjelasan jenis kegiatan dan aturan bermaian. Pelaksanaan pijakan saat main meliputi; anak bebas membangun balok sesuai dengan tema, guru memberikan bantuan dan motivasi kepada anak, guru melakukan penilaian. Kegiatan pijakan setelah main antara lain; membereskan mainan, duduk melingkar, hafalan, bernyanyi, evaluasi dan doa. Indikator perilaku sosial anak yang nampak saat pembelajaran sentra balok yaitu anak mampu menceritakan pengalamannya, Anak mampu bekerja sama dengan temannya, Anak mampu memiliki sifat jujur, Anak dapat merapikan mainan yang telah selesai digunakan, Anak mampu menyelesaikan tugas dan menaati peraturan main.


Keywords


Sentra Balok, Perilaku Sosial, Anak 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Habie, Nurul Afifah. 2017. Implementasi Pembelajaran Aktif Dengan Model Sentra Untuk Mengembangkan Akhlak dan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Juli – Desember, Volume 2, Nomor 2, (290-309).

Lexy J, Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rohayat, Titing. 2013. Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini : Vol. 4 No. 2, November 2013. http://ejournal.upieducation.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuatitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujiono dan Yuliani Nurani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soemantri, MS. 2015. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Watini, Sri. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.190.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Uli yana Uliyana, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti, Purwadi Purwadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.