ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SD PLUS LATANSA KABUPATEN DEMAK

SUCANDRA SUCANDRA, Muhammad Arief Budiman, Khusnul Fajriyah

Abstract


Pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas IV di SD mengalami kesulitan dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak, 2) mendeskripsikan solusi kesulitan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD dan guru Bahasa Inggris kelas IV SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, hasil pekerjaan siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dari 12 siswa 66,67% 8 siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada materi makanan dan minuman (food and drink). Faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dalam diri siswa (internal) yaitu (1) kondisi tubuh siswa, (2) kecerdasan siswa, (3) minat belajar yang rendah, (4) motivasi belajar yang rendah dan,  (5) sikap kebiasaan belajar siswa. Faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa (eksternal) yaitu (1) gangguan dari teman saat belajar, (2) peyajian materi yang kurang menarik, (3) penggunaan media yang kurang masksimal dan, (4) pemilihan metode yang kurang tepat. Solusi kesulitan belajar dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris diantarnya yaitu (1) pemilihan metode yang tepat dengan kondisi siswa, (2) pengunaan media harus maksimal, (3) penyajian materi harus lebih menarik dan, (4) menciptkan suasana belajar yang menyenangkan.


Keywords


Kesulitan Belajar, Kosakata; Bahasa Inggris; Muatan Lokal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.

Budiman, M. A., Widyaningrum, A., & Azizah, M. 2020. Kreatifitas Guru Dalam Memilih Media Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 32-43).

Chatib, M. (2011). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Dewi, Nora Wahyu Kusuma. 2019. Analisi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Semampir 01 Kabupaten Batang. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Fajriyah, K., Arfilia, W., & Singgih, A. 2017. Analisis Asesmen Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.

Fatimah. N., Muttaqim. A. I.2020. Penggunaan Metode Sing A Song Sebagai Alternatif Pembelajaran Dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di MI AL-AKHAN CANGA’AN GENTENG. ABDI KAMI.

Hidayati, M. (2013). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris tentang Kosakata di Kelas IV Sekolah Dasar. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 4(2).

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indah.

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 39-52.

Sinaga. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V SD Negeri 104243 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015. (Doctoral dissetation. UNIMED).

Sudrajat. Herlina. 2015. Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metose Permainan Bingo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Non Formal. Vol.10(20). (114-121).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami, I.L., Zuhdi, U. 2020. Identifikasi Pengaruh Kerangaman Kultural Terhadap Kesulitan Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan PGSD.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SUCANDRA SUCANDRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.