PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS IV SDN 1 BICAK KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA

Siti Muayana, Henry Januar Saputra, Asep Ardiyanto

Abstract


Latar belakang pada penelitian ini yakni rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan karena dalam pembelajaran, guru belum mengembangkan strategi atau metode pembelajaran yang menarik sehingga minat dan motivasi siswa belum begitu aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode diskusi dapat meningkatan motivasi  belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya kelas IV SDN 1 Bicak Kecamatan Todanan Kabupaten Blora?. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mngetahui apakah dengan penerapan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya kelas IV SDN 1 Bicak Keccamatan Todanan Kabupaten Blora. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil uji N-Gain pada kelas kontrol atau sebelum di berikan motivasi rata-rata posttest sebesar 62,33.  Sedangkan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen atau sesudah di berikan motivasi rata-rata posttest sebesar 73,50.  Simpulan pada penelitian ini bahwa rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest.


Keywords


Motivasi, Belajar, Metode Diskusi

Full Text:

PDF

References


Cahyani, A., Listiana, I. D., Larasati., S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 No. 01.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47.

Gazali, R. Y., & Atsnan, M. F. 2017. Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 123–134.

Harni. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy. Vol 8 No. 2.

Made. 2008. Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Halaman 74-84.

Masruroh, E., & Budiyono. 2016. Hubungan minat belajar, motivasi, dan interaksi siswa terhadap prestasi belajar matematika. 212–217.

Mulyasa H.E. 2018. Implementasi kurikulum 2013 revisi. Jakarta Timur.Bumi aksara.

Notoadmodjo. 2014. Metode Penelitian. Nuha Medika.

Perdana, D., Utomo, S., & Yamtinah, S. 2014. Upaya Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Kartu Soal Pada Siswa Kelas X Semester Genap Sma N 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 74–79.

Puspitasari, I., Amalia, F., & Herlambang, A. D. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar , Minat Belajar , Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas X dalam Menempuh Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan ( Studi pada : SMK Negeri 2 Malang ). 3(4), 3765–3770.

Rahma, A. D., Sulhadi., Sumarti, S. S. 2016. Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Edcation. Volume 5 No. 1.

Rima. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 5 Di Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Diskusi (Penelitian Tindakan Kelas materi Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas IV SDN Jayabakti 02 Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2018/2019). Jurnal Pedagogiana. Vol 8 No. 84.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 siti muayana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.