PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI FAKTOR KELIPATAN BILANGAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA SD DI KOTA SEMARANG
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah kurangnya bahan ajar dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sekolah dasar terutama yang berkaitan dengan bahan ajar materi faktor kelipatan bilangan yang dapat meningkatkan penalaran siswa berbasis open-ended. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall untuk menghasilkan produk dan sekaligus menguji kelayakan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan berdasarkan penilaian validasi materi oleh pakar ahli tahap 1 memperoleh rata-rata presentase sebesar 49.58% dikategorikan “Cukup Layak” dan “Revisi” pada validasi tahap 2 mengalami peningkatkan dan diperoleh hasil 92,29% dengan kategori “layak” dan “tanpa revisi”. Sedangkan, validasi media tahap 1 diperoleh hasil 50,25% dengan kategori “cukup layak” dan “revisi”, pada validasi tahap 2 mengalami peningkatan dan diperoleh hasil 95% masuk dalam kategori “sangat layak” dan “tanpa revisi”. Hasil uji coba lapangan terhadap satu guru kelas tinggi di SDN Pleburan 03 memperlihatkan rata-rata angket isi materi yaitu 77,08% masuk dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi” dan rata-rata hasil validasi struktur bahan ajar sebesar 90% masuk dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi”. Bahan ajar materi faktor kelipatan bilangan berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran siswa telah memenuhi kriteria sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angeli, Airinisaa Bella . 2018. “ Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Hands On Activity Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas VIII SMP/MTS.” Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik, Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
NCTM. (1989). 1989 Curriculum & Evaluation (Evaluation : Standard 10 – MathematicalDisposition).http://www.fayar.net/east/teacher.web/math/Standards/previous/CurrEvStds/evals10.htm. 19 Februari 2016
Nurhayati, Siti dkk. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makassar”. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol 5. No.2.
Panchal, C. 2013. “A Study of Abstract Reasoning of the Students of Standard IX of Ahmedabad City”. International Journal for Research In Education, Vol. 2, Issue:3, ISSN: 2320-091.
Soegeng, A.Y. 2016. Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Sulianto, Joko dkk. 2020. “An Analysis of Primary School Teachers Characters Learning Process on Teaching Model Development Named Open Ended Approach-based Advance Organizer on Students Reasoning Skill.” Universal Journal of Educational Research 8(3D): 60-66.
Wijaya, Handri. 2016. “Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Representasi Siswa Melalui Pembelajaran Pendekatan Open-Ended.” Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume II, Nomor 1
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Laela Farchatun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.