PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V

Dwi Mawarini, Fajar Cahyadi, Intan Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas V SDN 2 Pilang. Jenis penelitian adalah eksperimen berbentuk pre-Experimental Design menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One Shot Case Study Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Pilang. Sampel yang diambil adalah 17 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh. Data penelitian diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Hasil analisis nilai pretest menunjukkan Lo<Ltabel (0,152<0,206)  sedangkan hasil analisis nilai posttest menunjukkan Lo<Ltabel (0,101<0,206). Kesimpulannya sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Berdasarkan analisis uji t diketaui thitung > ttabel (33> 2,11991). Disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest dengan nilai rata-rata posttest. Ditunjukkan juga uji normalitas N-Gain, diperoleh hasil g≥0,7 yang termasuk kategori tinggi. Kesimpulannya adanya peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menerapkan model Project Based Learning. Diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal posttest>KKM (88%≥70%) yang artinya tuntas. Kesimpulannya melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah dalam melaksanakan proses belajar mengajar hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa menjadi lebih aktif terhadap pembelajaran.

Kata Kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Bangun Ruang Kubus dan Balok.


Keywords


Model Project Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Bangun Ruang Kubus dan Balok.

Full Text:

PDF

References


Hardianto, Baharuddin M Rusli. 2019. “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar” https://e-journal.my.id/cjpe. Jurnal Cokroaminoto Pendidikan Dasar. Vol 2. No 1. Halaman 28. Artikel. Diakses 25 April 2021.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Putri Agustiany Dumeva, Syutaridho, Paradesa Retni, Afgani Muhammad Win. 2019. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek” http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1884. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol 3. No 1. Halaman 138. Artikel. Diakses 25 April 2021.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara.

Yayuk Erna. 2019. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Mawar Rini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.