ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN DAN ARTI UNGKAPAN PADA PEMBELAJARAN DARING TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS II SD NEGERI 03 PENER PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Della Yulia Wati, Mudzanatun Mudzanatun, Intan Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik dalam memahami materi ungkapan dan arti ungkapan dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik di kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang yang terdiri dari 23 peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu kesulitan dalam pemahaman arti ungkapan sebanyak 11 peserta didik, kesulitan dalam mencari ungkapan dan artinya pada teks cerita sebanyak 13 peserta didik, kesulitan mencari ungkapan dan artinya pada teks percakapan sebanyak 13 peserta didik, dan kesulitan dalam membuat kalimat menggunakan ungkapan sebanyak 15 peserta didik. Faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat belajar, kesehatan tubuh, kemampuan penginderaan, dan kemampuan intelektual. Sedangkan faktor eksternal meliputi  variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana di sekolah, motivasi belajar dari guru dan orangtua, dan lingkungan keluarga peserta didik. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu dengan melakukan remedial kepada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Keywords


kesulitan belajar, daring, ungkapan dan arti ungkapan

Full Text:

PDF

References


Anzar, Safni Febri dan Mardhatillah. 2017. Analisis kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Pendidikan: 4(1) 54-62.

Hendriana, Evianna Cinda. 2019. Analisis Kesulitan Belajar siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research. 2 (1): 55-60.

Jamaris, Martini. 2015. Kesulitan Belajar : Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jaya, I Made Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif : Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: QUADRANT.

Moeleng, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Pustaka Mandiri.

Pramudyanti, Idayu Ria dan Noviana Rahmawati. 2020. Tematik Terpadu Hidup Rukun. Klaten: Viva Pakarindo.

Setianingsih, Eka Sari. 2016. Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6 (1).

Setianingsih, Eka Sari dan Anggun Dwi Setya Putri. 2020. Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Della Yulia Wati, Mudzanatun Mudzanatun, Intan Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.