PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DITINJAU DARI PENGASUHAN ORANG TUA DI TK PUTRA NUSANTARA GENUK SEMARANG
Abstract
Kemandirian anak sejak dini sangat penting untuk dikembangkan agar anak menjadi pribadi yang tidak selalu bergantung kepada orang lain hingga remaja maupun dewasa. Disamping itu anak yang mandiri memiliki kemampuan untuk menentukan pilihan, memutuskan sesuatu atas pilihannya sendiri, bertanggung jawab dan percaya diri. Peran orang tua sangat penting khususnya ibu yang menjadi figure sentral yang dapat membantu perkembangan kemandirian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemaandirian anak yang ibunya bekerja dan tidak bekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode klausal- komperatif atau ex post fakto.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chairilsyah, Daviq. "Analisis Kemandirian Anak Usia Dini." PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3.01 (2019): 88-98.
Geofanny, Ravika. "Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja." Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 4.4 (2016).
Imaniah, Mifta Dwi. "Perbedaan pencapaian tugas perkembangan anak usia prasekolah pada ibu yang bekerja dan ibu tidak bekerja di desa serut kecamatan panti kabupaten Jember." (2013).
Sa’diyah, Rika. "Pentingnya melatih kemandirian anak." Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16.1 (2017): 31-46.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 willy nugrahanti, ratna wahyu pusari, mila karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.