PERAN KELUARGA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MORAL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Ilma Alfianti, Eka Sari Setianingsih, Mila Karmila

Abstract


Pendidikan karakter adalah suatu pendidikan yang memberikan ajaran tentang tindakan yang patut dilakukan untuk mengubah moral dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Karakter seorang anak dapat terbentuk dengan cepat yaitu salah satunya dengan menirukan kejadian atau kegiatan yang dilihatnya secara nyata. Maka dari itu, orang tua yang memiliki peran utama dalam keluarga untuk menanamkan pendidikan karakter itu pada anak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas moral anak dan peran keluarga dalam memberikan pendidikan karakter pada anak kelas I SD Negeri Tluwah untuk meningkatkan kualitas moral di lingkungan masyarakat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa kelas I. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa ada pengaruh pada anak kelas I jika, orang tua telah memberikan pendidikan karakter dari kecil yaitu anak menjadi lebih : 1) Tanggung jawab dengan yang dilakukan, 2) Jujur dalam berkata, 3) Toleransi antar teman, 4) Mandiri dalam berperilaku, dan 5) Displin dalam bertindak.

Kata Kunci: pendidikan karakter, peran keluarga, kualitas moral anak


Keywords


pendidikan karakter, peran keluarga, kualitas moral anak

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal dan Sujak. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK (Bandung: Yrama Widya, 2011), hlm. 3-4.

Azizah, Nur. 2014. Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi, 33,2,1-16.

Danial, E. & Warsiah. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboraterioum Pendidikan Kewarganegaraan.

Hadi, Sutrisno. 2010. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Hamid, Abdul & Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Komalasari, Gantina. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, Amirullah. 2011. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Elex Media Gramedia.

Zubaedi. 2011. DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana. Cetakan ke-2.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ilma alfianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.