ANALISIS KEPEMIMPINAN DIRI DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA SEMESTER VII PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI SEMARANG ANGKATAN 2013

MA. Primaningrum Dian Marthaningtyas

Abstract


Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, semakin tinggi pula kriteria hasil yang harus dicapai.Bagi seorang mahasiswa, kriteria hasil yang harus dicapai adalah dengan menyelesaikan tugas akhir skripsi dan menjadi lulusan sarjana.Hanya saja, tidak semua mahasiswa mampu mencapai hasil tersebut secara amksimal. Terdapat pula mahasiswa yang terlambat kelulusannya, salah satu penyebabnya lamanya waktu proses penyusunan skripsi. Pada dasarnya, lama tidaknya proses penyusunan skripsi berdasarkan pada ada tidaknya potensi untuk memimpin dirinya sendiri yang terkait dengan aspek mampu memahami kelemahan dan kelebihan diri, mengelola skala prioritas, bersikap fleksibel, memiliki komitmen tinggi serta kemampuan untuk menerima pengetahuan dan belajar hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kepemimpinan diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa semester VII program studi bimbingan dan konseling Universitas PGRI Semarang angkatan 2013. Berdasarkan hasil analisis terhadap kepemimpinan diri dalam menyusun skripsi, diperoleh hasil 7,7%  pada kategori sangat tinggi, 23% pada kategori tinggi, 47% pada kategori sedang, 15% pada kategori rendah dan 6,7% berada pada kategori sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa semester VII program studi bimbingan dan konseling Universitas PGRI Semarang angkatan 2013 berada pada kategori sedang, yang berarti bahwa adanya cukup potensi kepemimpinan diri yang dimiliki mahasiswa dalam menyusun skripsi.

 

Kata Kunci : kepemimpinan diri, penelitian kuantitatif- deskriptif


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v3i2/%20Ok.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677