PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP N 7 SALATIGA

Arsiana Kusuma Dewi, Zaenuri Zaenuri, Walid Walid, Sugiman Sugiman, Emi Pujiastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepercayaan diri siswa, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis, dan apakah kepercayaan diri berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPN 7 Salatiga pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Siswa SMPN 7 Salatiga yang berada di kelas VIII adalah populasi penelitian ini. Metode simple random sampling digunakan untuk memilih 69 siswa sebagai sampel penelitian. Digunakan angket, soal berbentuk esai, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil olah data diperoleh rata-rata kepercayaan diri sebesar 52,17% dengan kategori sedang. Rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa juga tergolong kategori sedang sebesar 50,73%. Didapat nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 pada uji regresi linier sederhana. Kesimpulannya adalah bahwa kepercayaan diri mempengaruhi kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika. Diperoleh kepercayaan diri mempunyai pengaruh sebesar 76,2% terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis, sedangkan 23,8% dipengaruhi oleh aspek lain.


Keywords


kepercayaan diri; kemampuan; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Afifah, A. Hamidah, D. & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Happiness. 3(1). 43-53

Amelia, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Eduma. 5(1). 9-21

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Elis, Tatang, dan Bambang. (2016). “Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 2(2): 107-112

Fauziah, R. Maya, R. & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5). 881-886

Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ibrahim, Andi dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu

Mairing, Jackson Pasini. (2018). Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM

Siyoto, Sandu & Sodik, M. Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing

Mashlihah, Lenny. N. & Hasyim, Maylita. (2019). Pengaruh self-esteem, self-regulated, dan kepercayaan diriterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 5(2). 44-50

Pimta, Sakorn dkk. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences. 5(4): 381-385

Rane, M.K.D., Ridwan, M.S., & Wardah. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan terhadap Keputusa Konsumen dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening dalam Memilih Program Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 4(1). 869-880

Rianti, Resmi. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4). 802-812

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confodence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan MAtematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 6(1): 1-14

Sholiha & Aulia, Lailatuzzahro A. (2020). “Hubungan Self Concept dan Self Confidence”. Jurnal Psikologi. 7(1): 41-55

Simamora, R. E., Saragih, S., Hasratuddin. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education. 14(1): 61-72 https://doi.org/10.12973/iejme/3966




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.