PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP N 7 SALATIGA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepercayaan diri siswa, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis, dan apakah kepercayaan diri berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPN 7 Salatiga pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Siswa SMPN 7 Salatiga yang berada di kelas VIII adalah populasi penelitian ini. Metode simple random sampling digunakan untuk memilih 69 siswa sebagai sampel penelitian. Digunakan angket, soal berbentuk esai, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil olah data diperoleh rata-rata kepercayaan diri sebesar 52,17% dengan kategori sedang. Rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa juga tergolong kategori sedang sebesar 50,73%. Didapat nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 pada uji regresi linier sederhana. Kesimpulannya adalah bahwa kepercayaan diri mempengaruhi kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika. Diperoleh kepercayaan diri mempunyai pengaruh sebesar 76,2% terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis, sedangkan 23,8% dipengaruhi oleh aspek lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, A. Hamidah, D. & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Happiness. 3(1). 43-53
Amelia, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Eduma. 5(1). 9-21
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Elis, Tatang, dan Bambang. (2016). “Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 2(2): 107-112
Fauziah, R. Maya, R. & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5). 881-886
Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ibrahim, Andi dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu
Mairing, Jackson Pasini. (2018). Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM
Siyoto, Sandu & Sodik, M. Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing
Mashlihah, Lenny. N. & Hasyim, Maylita. (2019). Pengaruh self-esteem, self-regulated, dan kepercayaan diriterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 5(2). 44-50
Pimta, Sakorn dkk. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences. 5(4): 381-385
Rane, M.K.D., Ridwan, M.S., & Wardah. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan terhadap Keputusa Konsumen dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening dalam Memilih Program Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 4(1). 869-880
Rianti, Resmi. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4). 802-812
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confodence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan MAtematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 6(1): 1-14
Sholiha & Aulia, Lailatuzzahro A. (2020). “Hubungan Self Concept dan Self Confidence”. Jurnal Psikologi. 7(1): 41-55
Simamora, R. E., Saragih, S., Hasratuddin. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education. 14(1): 61-72 https://doi.org/10.12973/iejme/3966
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.