KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA PADA PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini membahas kemampuan literasi mahasiswa pada pengembangan modul statistika matematika. Kemampuan literasi mahasiswa terdiri dari 5 aspek yang mengacu pada Association of College & Research Libraries (ACRL) yaitu (1) Kemampuan menentukan jenis dan sifat informasi yang dibutuhkan, (2) Kemampuan mengakses kebutuhan informasi secara efektif dan efisien, (3) Kemampuan mengevalusi informasi dan sumber-sumber secara kritis dan menjadikan informasi yang dipilih sebagai dasar pengetahuan, (4) Kemampuan menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan efektif dan efisien, dan (5) Kemampuan memahami isu ekonomi, hukum, dan sosial dalam penggunaan dan pengaksesan informasi secara etis dan hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kriteria penilaian norma (PAN). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang telah menggunakan modul statistika matematika. Hasil penelitian ini menyatakan secara rata-rata kemampuan literasi mahasiswa adalah cukup baik dengan rincian siswa berkemampuan sangat tinggi 6,25%, tinggi 25%, cukup 37,50%, rendah 31,25%, dan sangat rendah 0%. Selain itu, kelima aspek kemampuan literasi juga memiliki kriteria cukup baik.
Full Text:
PDFReferences
ACRL. 2000. Information Literacy Competency Standards for Higher Education. Diakses pada tanggal 02 Maret 2019 dari http://www.ala.org/acrl/standards/informationliteracycompetency
ALA. 2000. Information Literacy for Higher Education. Diakses pada tanggal 02 Maret 2019 dari http://www.ala.org/acrl/sites/ala.org.acrl/files/content/standards/standards
Budiyono. 2015. Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.
Kern, R. 2002. Reconciling the Language-Literature Split through Literacy. ADFL Bulletin, 33(3), 20-24.
Lestari, F & Andriani, D.G (a). 2019. Validasi Modul Berbasis Literasi Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 5(1), 36-42.
Lestari, F & Andriani, D.G (b). 2019. Analisis Uji Coba Terbatas Pada Pengembangan Modul Statistika Matematika Berbasis Literasi. Prosiding Sendika. 5(1), 658-661.
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put the Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sutrianto, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
UNESCO. 2014. Literacy for All. Diakses pada tanggal 12 Juni 2019 dari http://en.unesco.org/themes/literacy-all.
Yore, L.D., Pimm, D., dan Tuan, H.L 2007. The Literacy Component of Mathematical and Scientific Literacy. International Journal of Science and Mathematics Education, 5(4), 559-589.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.3973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.