DESAIN PEMBELAJARAN UKURAN PEMUSATAN DATA MENGGUNAKAN KONTEKS GAME RATING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam membantu siswa memahami konsep ukuran pemusatan data. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Ungaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII, dengan 2 tahap yaitu pilot experiment yang melibatkan 6 siswa dari kelas VIII B dan dilanjutkan teaching experiment yang melibatkan 25 siswa dari kelas VIII C. Penelitian ini menggunakan metode design research yang menggunakan HLT. HLT memegang peran yang sangat penting sebagai desain dan instrumen utama dalam penelitian. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan konteks game rating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HLT dapat membantu siswa 1) menemukan sendiri bagaimana menghitung mean, median dan modus melalui bentuk representasi matematis, 2) menemukan sendiri konsep ukuran pemusatan data, 3) menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep ukuran pemusatan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu siswa dalam pembelajaran ukuran pemusatan data.
Full Text:
PDFReferences
Akker, Jan Van Den, Gravemeijer K., McKenney S., danNieveen N..(2006). Educational Design Research. New York: Taylor and Francis Group.
Alghandi, Ahmed Hassan dan Li Li. (2013). Adapting Design-Based Research Methodology in Educational Settings. International Journal of Education Research:1-9
Asfyra, Intan Buhati.(2017). KONTEKS BUSANA PADA PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN RASIONAL DENGAN PENDEKATAN PMRI.Jurnal Gantang Vol. II, No. 1: 11-19.
Bakker, A.(2004). In Design Research in Statistics Education.On Symbolizing and ComputerTools. Amersfoort: Wilco Press
Eerde, Dolly van. (2013). DESIGN RESEARCH: LOOKING INTO THE HEART OF MATHEMATICS EDUCATION. 1st SEA-DR PROCEEDING:1-11.
Fauzan, Ahamd dan Sari, Oci Yulina Sari.(2017).Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah : B55-B63.
Fuadiah, Nyiayu Fahriza.(2017). HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY OF NEGATIVE NUMBERS BASED ON THEORY OF DIDACTICAL SITUATION FOR SECONDARY SCHOOL. Jurnal Mosharafa, Volume 6, Nomor 1: 13-24.
Gravemeijer, K., and Cobb, P. (2006). Design research from the learning design perspective. In Van den Akker, J., Gravemerijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational Design Research. London: Routledge.
Groth, Randall E.. (2017). DEVELOPING STATISTICAL KNOWLEDGE FOR TEACHING DURING DESIGN-BASED RESEARCH. Statistics Education Research Journal, 16(2), 376-396
Ivars, Pedro dkk. (2017). Enhancing Noticing: Using a Hypothetical Learning Trajectory to Improve Pre-service Primary Teachers’ Professional Discourse. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Educatio, 14(11), em1599:1-16
Lestariningsih. (2010). Desain Pembelajaran Matematika Legenda Pulau Kemaro pada Pembelajaran Statistika di Kelas VI Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2012. pp 215-224.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz.(2013). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia.
Maryati, Iyam.(2017). Analisis Kesulitan dalaam Materi Statistika ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistik. Jurnal PKISMA Universitas Suryakencana 6(2): 174-179.
Mumu, Jeinne. (2018). Desain Pembelajaran Materi Operasi Pada Himpunan Menggunakan Permainan Lemon Nipis. Jurnal Of Honai Math, Vol. 1 No. 1. pp. 14-23.
Munawaroh.(2013). Desain Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas V SD (Studi Pada SD Inpres 6/75 Kading). Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan), Vol. 1 No. 1: 92-109.
Ramadhanti, Putri.(2015). Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (Hlt) Pada Materi Elastisitas Untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara.Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1:88-99.
Rahmawati, Ema.(2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6.Jurnal Formatif 6(3): 184-196.
Siahaan, Friska B..(2006). Matematika Realistik. JURNAL ILMIAH BEST Vol. 8. No. 2:36-41.
Simon, M. A., & Tzur, R..(2004). Explicating the Role of Mathematical Tasks in Conceptual Learning: An Elaboration of the Hypotetical Learning Trajectory. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), hlm.91-104.
Surya, Apriana.(2017). Desain Pembelajaran Statistika Menggunakan Konteks Mal di Kelas V.Jurnal Elemen Vol. 3 No. 2: 149 – 165.
Ullya dkk. (2010). Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasispendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (4): 86-96
Wijaya, Armadi.(2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulianti.(2015). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Penyajian Data di Kelas IX. Volume II. Nomor 2: 1-71.
Wijaya, Armadi.(2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.3975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.