ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.
Adnan, M.R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makasar.
Andriani, Parhaini. 2015. Penalaran Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika. [Jurnal]. [diunduh: 2018 Sep 22]. Tersedia pada: https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/download/20/14/ .
Gulo, W. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Percetakan PT Gramedia.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kusumaningtyas, S.I, dkk. 2017. “Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent.” Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8(1): 76-84. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/6994/6363 (diakses 17 Desember 2018)
Lestari, E.D. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Marion, Zulkardi, &Somakim. 2015. “Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan model Jaring Laba-Laba di SMP.” Jurnal Kependidikan 45(1): 44- 61. https://media.neliti.com/publications/139603-ID-desain-pembelajaran-pola-bilangan-menggu.pdf (diakses 19 November 2018)
Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Murdiyani, N.M. (2013). Makalah PPM Workshop Pemecahan Masalah Matematika Pada Topik Aritmetika Bagi Guru-Guru SMP di Yogyakarta. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuraini, Latifah, Imam Sujadi dan Sri Subanti. 2016. “Penalaran Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati Dalam Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(6): 674- 683. https://media.neliti.com/media/publications/122196-ID-penalaran-aljabar-siswa-kelas-vii-smp-ne.pdf (diakses 17 November 2017)
Rezki, N.L. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasar Kemis. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Riadi, E. (2014). Metode Statistika Parametrik & NonParametrik. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.
Ribkyansyah, F.T. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Statistika. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Rosita, N.T. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Ajabar Mahasiswa. November 26, 2018. Diakses dari http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=960:analisis-kemampuan-penalaran-aljabar-mahasiswa&catid=107:vol-18-no-6-desember-2016-seri-ii
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulistiyanto, R. (2018). Profil Penalaran Aljabar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://repository.ump.ac.id/7630/2/RINO%20SULISTIYANTO%20BAB%20I.pdf (diakses 9 November 2018)
Wati, F. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Investigasi Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Materi Bilangan Bulat Di SMP Negeri 3 Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Yusuf, A.M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.