Aplikasi Catatan Ibadah Harian untuk Anak Usia Dini Berbasis Android
Abstract
Perangkat mobile tidak hanya berfungsi sebagai media elektonik yang hanya untuk berkomunikasi, melainkan perangkat mobile juga sangat bermanfaat bagi pendidikan. Pesatnya pengguna perangkat mobile yang kian bertambah, hal tersebut juga mendorong penggunaan perangakat mobile untuk berbagai lini kehidupan. Pengguna perangkat mobile tidak hanya dari kalangan dewasa tetapi juga merambah sampai ke anak-anak. Tidak hanya mengalami disfungsi prioritas terhadap waktu dalam bermain dan bersosialisasi serta belajar, dampaknya juga merambat ke kehidupan spiritual anak, dapat dilihat dari anak-anak yang juga mulai malas beribadah dan memilih menghabiskan waktu mereka menghadapi layar perangkat mobile yang membuat penasaran, hal ini tentu menimbulkan banyak dampak negatif bagi perkembangan psikologis anak dan menghambat pertumbuhan anak usia dini dan mengakibatkan anak-anak menjadi jauh dari Tuhan serta menumpulkan spiritualitas anak. Pada penelitian ini, akan mencoba memberikan solusi serta pendekatan yang lebih modern untuk mengarahkan aktivitas ibadah anak dan juga kegiatan sehari-hari anak. Aplikasi ini dibuat dengan basis Android. Dengan aplikasi ini kami harapkan anak menjadi lebih memperhatikan waktu ibadah harian, sehingga dapat menepis efek negatif yaitu disfungsi prioritas waktu terutama dalam kegiatan ibadah harian anak. Harapan anak dapat tepat waktu dalam beribadah dengan sangat menyenangan dengan menggunakan smartphone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dogru and Tukaya. 2008. Promotion Student's Learning in Generatic With the Learning Cycle. International Jurnal of Experimental Education, page 259-280.
Kulsum U., Hindarto N., 2011, Penerapan Model Learning Cycle pada sub pokok bahasan Kalor untuk Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa kelas VII SMP, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Page 128-133.
Jacobsson A., Asa Ek, Roland Akselsson, 2012, Learning from incidents e A method for assessing the effectiveness of the learning cycle, Journal of Loss Prevention in the Process Industries), page 561-570.
Lauren J. Ralph, Erin King, Elise Belusa, Diana Greene Foster, Claire D. Brindis, and M. Antonia Biggs, 2017, The Impact of a Parental Notification Requirement on Illinois Minors’ Access to and Decision-Making Around Abortion, Journal of Adolescent Health.
Sangpikul A., 2017, Implementing academic service learning and the PDCA cycle in a marketing course: Contributions to three beneficiaries, Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education.
R. Benson and C. Brack, 2010, Online Learning and Assessment in Higher Education, UK and the USA
Wang Y., Millet B., James L. Smith, 2016, Designing wearable vibrotactile notifications for information communication, Internasional. Jurnal Human-Computer Studies, 24-34.
Wijayanti E., Riadi A.A., 2018, Penerapan Algoritma Learning Cycle Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa Dengan Parental Notification, Jurnal UPGRIS.
Wijayanti E., Latubessy A., 2019, Teknologi Android untuk Monitoring Hasil Belajar Anak Mengunakan Metode Problem Solving, Jurnal UPGRIS.
Wijayanti E., Hidayati H., Meimaharani R., 2023, Model Pembelajaran Interaktif Islami Di Mi “Sinau” Berbasis Android, Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi 4 (1), 199-205,
DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v10i1.16934
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Esti Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.