Alat Bantu Pengidentifikasi Tingkat Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir/skripsi

SARI ISWANTI

Abstract


Mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan Tugas Akhir/skripsi rentan mengalami stres. Stres bisa disebabkan berbagai macam penyebab terutama adanya tekanan karena beban yang cukup berat. Mahasiswa yang mengalami stres sebaiknya segera mendapatkan solusi sehingga tidak mengganggu proses penyelesaian Tugas Akhir/skripsi. Sangat penting bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir untuk dapat mengidentifikasi dirinya sendiri apakah sedang stres atau tidak, demikian juga bagi institusi pendidikan.

Pendekatan sistem informasi berbasis komputer, dalam hal ini adalah sistem pakar dapat digunakan sebagai  alat bantu untuk mengidentifikasi tingkat stres pada mahasiswa. Sistem ini tidak bermaksud menggantikan peran psikolog sebagai pakar yang biasa menangani orang-orang yang terganggu karena mengalami tekanan.

Alat bantu ini memiliki fasilitas untuk konsultasi bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir/skripsi dan  fasilitas akuisisi pengetahuan bagi pakar. Untuk mengetahui tingkat keyakinan terhadap hasil identifikasi tingkat stres mahasiswa,  sistem ini  menggunakan metode Certainty Factor.

 

Kata Kunci : pakar, pengetahuan, skripsi, stres


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jiu.v4i1.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed byPortal Garuda Indonesian Publication IndexCiteUlikeGoogle ScholarGoogle Scholar