Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Melalui Pendekatan Tpack Di Kelas X 11 SMA N 2 Semarang

Nurul Hidayah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan TPACK dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini permasalahan yang muncul dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 11 SMA N 2 Semarang yang terdiri dari 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase prasiklus tingkat ketuntasan siswa hanya 30%. Pada siklus I tingkat ketuntasan meningkat mencapai 67% sedangkan pada siklus II mencapai 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan TPACK dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dari siswa kelas  X 11 SMA N 2 Semarang yang terdiri dari 36 siswa. Dengan TPACK seorang guru dapat menyajikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Keywords


Pendekatan TPACK; Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amrina, Z., Anwar, V. N., Alfino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1069-1079

Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK): the students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-199.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam pembelajaran transformasi geometri SMA untuk mengembangkan profesionalitas guru matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47-56.

Robandi, B. (2008). Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Diktat Nasional Penelitian Tindakan Kelas, 13.

Tama, N. S., & Sumargiyani, S. (2022, September). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PENDEKATAN TPACK. In Seminar & Conference Proceedings of UMT (pp. 85-93).

Yuliani, R. E., Heru, H., & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Di Sma Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(1), 12-17.




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v36i3.22128

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v36i3.22128.g9516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Majalah Lontar Indexed by:

________________________________________________________________

Copyright of Majalah Lontar ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Ibnu Fatkhu Royana, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 856 0088 6600
Email: [email protected]

dentoto
suge789

titi4d

titi4d

titi4d

8kuda4d

8kuda4d

kientoto

kientoto

kembang128

kembang128

https://silon-stage.kpu-ri.org/

kembang128

situs toto

monas128

manta128

Manta128

Manta128

manta128

manta128

senja128

tuna128

toto

Astro128

astro128

gampangtoto

winsortoto

rasa4d

rasa4d

rasa4d

toto

toto

situs toto

situs toto