Kajian etnomatematika pada tradisi tanam padi sebagai julukan “Pati Bumi Mina Taniâ€
Abstract
Matematika mempunyai peranan yang penting dalam beraneka ragam budaya, persisnya pada prevalensi sekelompok orang menurut adat istiadat mereka. Akan tetapi, minimnya pengetahuan dalam kelompok masyarakat menyebabkan mereka kurang menyadari bahwa beberapa kegiatan yang mereka lakukan terdapat aktivitas matematika pada sebagian aktivitas yang dilakukannya. Kajian etnomatematika dalam pembelajaran matematika mencakup berbagai bidang, seperti arsitektur, tenun, menjahit, pertanian, dekorasi, praktik spiritual dan praktik keagamaan seringkali diselaraskan dengan pola yang terjadi di alam atau sistem pemikiran abstrak yang terorganisir. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat setempat bahwa terdapat aktivitas matematika dalam kegiatan yang mereka lakukan yakni aktivitas bertani serta memberikan pemahaman bahwa matematika itu tidak selamanya bersifat abstrak tetapi juga terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat aktivitas matematika dan konsep matematika dalam aktivitas tanam padi yakni aktivitas menghitung, membagi serta konsep geometri dan statistika didalamnya. Penelitian ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru untuk menarik siswa agar mereka termotivasi dalam pembelajaran matematika karena konteksnya lebih dekat dengan kehidupan siswa itu sendiri.
Kata kunci: etnomatematika, padi, petani
Mathematics has an important role in various cultures, precisely in the prevalence of groups of people according to their customs. However, the lack of knowledge in community groups causes them to be less aware that some of the activities they carry out contain mathematical activities in some of the activities they carry out. The study of ethnomathematics in mathematics learning covers various fields, such as architecture, weaving, sewing, agriculture, decoration, spiritual practices and religious practices which are often aligned with patterns that occur in nature or organized systems of abstract thought. The purpose of this research is to show the local community that there is mathematical activity in the activities they carry out, namely farming activities and to provide an understanding that mathematics is not always abstract but can also be found in everyday life. This research is included in the type of qualitative research with an ethnographic approach. The results of this study are that there are mathematical activities and mathematical concepts in rice planting activities, namely the activities of calculating, dividing and the concepts of geometry and statistics in them. This research can be used as a learning medium by teachers to attract students so that they are motivated in learning mathematics because the context is closer to the lives of the students themselves.
Keywords: ethnomathematics, farmer, riceFull Text:
PDFReferences
Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417
Atika, Dawati, F. L., & Iswandi, A. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Masyarakat Desa Jambe Kecamatan Kertasmaya. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, 306–309.
Aulia, L., & Rista, L. (2019). Identifikasi Konsep Matematika Melalui Aktivitas Etnomatematika Petani Sawah. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 110–117. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.857
Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983
Kelir, D., & Kalipuro, K. (2017). Studi etnomatematika di kalangan petani desa kelir kecamatan kalipuro. I(1), 50–59.
Mulyo, R. N., Sunardi, Monalisa, L. A., Setiawan, T. B., & Murtikusuma, R. P. (2018). Etnomatematika Pada Aktivitas Petani Jeruk Di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. 9, 175–184.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (2ndSENATIK), 91–97.
Suprayo, T., & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. 49–54.
Supriatna, A., & Nurcahyono, N. A. (2017). ETNOMATEMATIKA : PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN- TAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM Apit Supriatna Novi Andri Nurcahyono. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 26–32.
Wahyudi, & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 173–185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. (November).
Wardi, E., At, M. R., & Sayu, S. (2019). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Tradisi Cocok Tanam Padi Masyarakat Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33552
Yanti, S., & Johar, R. (2022). Kajian Etnomatematika dalam Kegiatan Petani Sawah di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. 7(2), 152–161.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.20204
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Â
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Â
Â