Telaah keterampilan siswa SMA dalam menyelesaikan soal keterampilan berpikir tingkat evaluasi (C5)

Adri Nofrianto, Nur Afalah A. Asman, Maria Para Siska, Elfa Rafulta, Mira Amelia Amri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan siswa kelas XII SMA dalam menjawab soal pada tingkat (C5) berdasarkan taksonomi Bloom. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasinya melibatkan seluruh siswa kelas XII jurusan IPA SMA Negeri 5 Pariaman. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster dimana sample yang terpilih adalah siswa yang terdaftar pada XII IPA 1. Penelitian ini melibatkan 22 siswa. Data diperoleh melalui pemberian tes tertulis yang terdiri dari 2 buah saol tingkat evaluasi (C5) pada materi statistika. Analisis statistik yang digunakan adalah uji  proporsiHasil pengujian hipotesis pada tingkat kepercayaan 95% atau derajat bebas 0,05, diperoleh nilai sebesar . Berdasarkan kriteri penolakkan yang telah ditetapkan bahwa tolak   jika . Nilai  dan nilai ini terletak di , sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan siswa dalam menjawab soal statistika 1 dan soal statistika 2 tingkat evaluasi (C5). Peneliti menyimpulkan persentasi siswa yang memiliki keterampilan dalan menyelesaikan soal statistika tingkat evaluasi (C5) masih rendah yaitu pada persekitaran 60%.


Full Text:

PDF

References


Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21st century standards and curriculum: Current research and practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150–155. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083656.pdf

Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan penalaran matematis. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 2019–2236.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Theory Into Practice, Complete e, xxix, 352 p. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2

Darmadi, D., Sanusi, S., Budiyono, B., Soleh, D. R., & Rifai, M. (2023). Thinking profile of mathematics teachers in solving HOTS problems. Journal of Education Method and Learning Strategy, 1(03). https://doi.org/10.59653/jemls.v1i03.231

Hasdiana, U. (2018). Modul penyusunan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi. Analytical Biochemistry, 11(1).

Isnaini, S. N., Hafizah, N., & Fitria, Y. (2023). Analisis of mathematics problem solving ability in elementary school HOTS problem solving. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.26858/jdm.v11i1.42820

Khairunnisa, A. P., Lubis, F. R., Furqon, H. B., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis kemampuan HOTS siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika. Nautical: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, 1(12), 1525–1530.

Misrom, N. S., Abdurrahman, M. S., Abdullah, A. H., Osman, S., Hamzah, M. H., & Fauzan, A. (2020). Enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) through an inductive reasoning strategy using geogebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.9839

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029

Rahmawatiningrum, A., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019). Student’s ability in solving higher order thinking skills (HOTS) mathematics problem based on learning achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012090

Rosnawati, R. (2012). Berpikir Kritis melalui pembelajaran matematika untuk mendukung pembentukan karakter siswa. Seminar Nasional Pendidikan Di Universitas Sanata Dharma.

Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2020). Mathematics students’ HOTS assessment. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3107

Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2021). Mathematics instruction to promote mathematics higher-order thinking skills of students in Indonesia: Moving Forward. TEM Journal, 10(4). https://doi.org/10.18421/TEM104-60

Wibowo, W. S., Wasana, M. A., & Muhammad, F. N. (2022). Peningkatan higher order thinking skills peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis discovery learning berbantuan E-LKPD pada materi usaha dan pesawat sederhana. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.21166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats