Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Literasi Matematis Pada Materi Statistika

Junaidah Wildani, Illah Winiati Triyana, Wilda Mahmudah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematis siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis literasi matematis pada materi statistika yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Gresik pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp. Tahapan penelitian meliputi tahap penelitian awal dan tahap pengembangan. Pada tahap penelitian awal, dilakukan analisis konteks dan kebutuhan yang menghasilkan kesimpulan bahwa perlu dikembangkannya LKS berbasis literasi untuk membiasakan siswa dengan masalah-masalah literasi. Perancangan dan pengembangan LKS dilakukan pada tahap pengembangan. Begitu juga dengan evaluasi validitas dan kepraktisan LKS. Validitas LKS dievaluasi secara formatif oleh dua orang ahli dengan bantuan lembar validasi. Sedangkan kepraktisan LKS dievaluasi melalui kegiatan forum group discussion (FGD) bersama enam orang siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Setelah melalui revisi, LKS dinyatakan valid oleh kedua ahli. Pada kegiatan FGD, siswa dan peneliti mendiskusikan apa yang tidak mereka pahami pada LKS. Setelah LKS direvisi berdasarkan hasil diskusi pada FGD, siswa menyatakan LKS dapat digunakan sehingga LKS dinyatakan telah memenuhi syarat kepraktisan. 

Kata kunci: literasi matematis; penelitian pengembangan; LKS


Full Text:

pdf

References


Lestariningsih. (2019). Profil matematisasi mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan kemampuan matematika dan gender (Disertasi Program Doktor tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

Nieveen, N& Forlmer, E. (2013). Formative evaluation in educational design research in T. Plomp & N. Nieveen (Ed.), Educational Design Research part A: An Introduction.(pp. 152-169). Enschede, The Netherlands: SLO

OECD. (2004). First results from PISA 2003. Executive summary. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/34002454.pdf

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem solving and Financial literacy. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus. What 15-year-olds know what they can do with what they know. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf

OECD.(2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. Diakses dari https://www.oecd.org/publications/pisa-2015-assessment-and-analytical-framework-9789264281820-en.htm

Plomp, T.(2013). Educational design research: an introducation. in A. H. Schoenfeld (Ed.), Educational DesignResearch part A: An Introduction. (pp. 10-51). Enschede, The Netherlands: SLO

The World Bank. (2015). Indonesia: Teacher certification and beyond. An empirical evaluation of the teacher certification program, and education quality improvement in Indonesia. Diakses dari https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/24433

Wijaya, Ariyadi., Heuvel-Panhuizen, Marja van den., Doorman, Michiel., & Robitzsch, Alexander. (2014). Difficulties in Solving Context Based PISA Mathematics Tasks: An Analysis of Student’s Errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555 – 585.

Yansen, Dedi dkk. (2019). Developping PISA-like mathematics problems on uncertainty and data using Asian games football context. Journal on Mathematics Education, 10 (1), 37-46. Diakses dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5249




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.3779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats