Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Program Linier

Aryo Andri Nugroho, Ida Dwijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara kualitatif kemampuan pemecahan masalah calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah program linier. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester IV Universitas PGRI Semarang tahun 2017/2018. Penggalian data dilakukan secara mendalam dengan bersumber dari soal pemecahan masalah kemudian wawancara semi struktur. Analisis data dilakukan terlebih dahulu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data serta akhirnya menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini, subjek dapat memahami permasalahan dengan cara mengidentifikasi informasi - informasi yang muncul pada permasalahan dan menentukan menggunakan metode simplek sebagai cara  penyelesaiannya dengan mengubah soal cerita menjadi model matematikanya terlebih dahulu. Setelah itu, menyelesaikan dengan metode simplek sampai memperoleh penyelesaian yang optimum serta mengecek kembali hasil jawaban yang sudah dikerjakan.


Full Text:

PDF

References


Anderson, J. 2009. Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. ACSA Conference.

Blum, W. & Niss, M. 1991. Applied Mathematical Problem Solving, Modeling, Applications, and Links to Other Subjects - State, Trends and Issues in Mathematics Instruction. Springer, Volume 22 Issue 1 pp. 37-68.

Branca, N.A. 1980. Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill. Problem Solving in School Mathematics. Editor: Krulik, S. and Reys, R.E. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Cai, J. & Lester, F. 2010. Why Is Teaching With Problem Solving Important to Student Learning?.http://www.nctm.org/uploadedFiles/Research_News_and_Advocacy/Resea rch/Clips_and_Briefs/Research_brief_14_-_Problem_Solving.pdf

Krulik, S., & Rudnick, J.A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston: Allyn and Bacon.

Matlin, M.W. (2003). Cognition. Fifth Edition. Rosewood Drive, Danvers, MA: John Wiley & Sons, Inc.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a

methods sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org.

Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif Awal Dalam Pemecahan Masalah Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1).

Nugroho, A. A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2018, March). An instrument measuring prospective mathematics teacher self-regulated learning: validity and reliability. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 983, No. 1).

Nugroho, A. A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2018, December). Self regulated learning of prospective mathematics teacher in solving linier program problem: a case of visual learning style. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 820-824).

Polya, G. (1973). How to solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Ruseffendi, HET. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saad, N.S., & Ghani, A. S. (2008). Teaching mathematics in secondary school:Theories and practices. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Zevenbergen, R., Dole, S., dan Wright, R.J. 2004. Teaching Mathematics in Primary Schools. Sidney: Allen and Unwin.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats