Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan media powerpoint

I Putu Ade Andre Payadnya, Ida Bagus Ketut Perdata, Putu Yudi Antara

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 6 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Sempel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dengan total sampel sebanyak 83 siswa. Data dianalisis menggunakan t-test satu pihak (pihak kanan) dengan taraf signifikansi 5%. Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan media powerpoint () adalah 80,00 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional () adalah 73,7. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,01 > 1,98969. Diperoleh thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa hasil belajar kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan media powerpoint lebih baik daripada kelompok control yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 6 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Penyebab lebih baiknya nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen dikarenakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan, aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan reinforcement.

Kata kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Kooperatif, TAI, Konvensional.

 

Abstract

This type of research is quasi-experimental research, the research design used is "Post-test Only Control Design". The population of this study was all students of class X SMAN 6 Denpasar in 2018/2019 academic year. The sample was chosen with the Cluster Random Sampling technique, obtained 2 classes namely Class X IPA 3 as a control group and Class X IPA 4 as an experimental group with a total of 83 students. Data were analyzed using a one-tail t-test (right tail) with a significance level of 5%. The average student learning outcomes taught by the TAI type cooperative learning model assisted by powerpoint media (1) is 80.00 while the average student learning outcomes taught by conventional learning models (2) are 73.7. The results of the analysis of the research data show that tcount> ttable is 4.01> 1.98969. Obtained tcount >ttable then H0 is rejected and Ha is accepted. Based on these results it can be seen that the experimental group learning outcomes taught using the cooperative learning model TAI (Team Assisted Individualization) assisted by powerpoint media are better than the control group taught with conventional learning models in class X students of SMAN 6 Denpasar in the 2018/2019 academic year. The reason for the better average scores of students in the experimental class is because the cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization) is one type or model of cooperative learning that is easy to apply, involves, activities of all students without having differences in status, involving the role of students as tutors peer and reinforcement.

Keywords: Differences, Results, Learning, Model, TAI, Conventional.


Full Text:

PDF

References


Awofala, A. O. A, dkk. (2013). Effects of Framing and Team Assisted Individualized Instructional Strategies on Senior Secondary School Students’ Attitudes Toward Mathematics. Journal Acta Didactica Napocensia, 6(1),1-22. Diakse dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1053630.pdf.

Depdiknas. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Kebijaksanaan Umum. Jakarta: Puskurbalitbang.

Payadnya, I. P. A. A, Suparta, I. N, & Mertasari, N. M. S. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Team Quiz Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 2(1). doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.4001

Payadnya, I. P. A. A, Suparta, I. N & Suweken, I. G. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbantuan Pertanyaan What-If Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menangani Permasalahan Matematika Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 5(1), 18-28. doi: https://doi.org/10.23887/jppm.v5i1.2131

Payadnya, I. P. A. A & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Paduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish

Payadnya, I. P. A. A. (2018). Investigation of students’ mathematical reasoning ability in solving open-ended problems. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1), 1-9. doi:10.1088/1742-6596/1200/1/012016

Payadnya, I. P. A. A, Atmaja, I. M. D, & Kadek Adi Wibawa. (2019). Hubungan antara Minat Belajar dengan Kemampuan Reasoning Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Emasains (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 8(1), 63-69. Diakses dari https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/272

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyunita. (2013). Keefektifan Model Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebasen Tahun 2012). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats