Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah

Siska Candra Ningsih, Tunjung Dyah Ovi Pramaeda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Wangon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-Learning dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran seperti yang biasa dilakukan yaitu dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-learning lebih efektif digunakan dibanding dengan pembelajaran langsung dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wangon. Kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas dengan pembelajaran langsung. Keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan e-learning disebabkan oleh sintak model pembelajaran Discovery Learning berbantuan e-learning yaitu sebelum proses pembelajaran dimulai siswa mengunduh terlebih dahulu materi dan LKS yang diupload di web, sehingga pada saat pembelajaran di kelas siswa sudah siap dengan materi pembelajaran. Pembelajaran dengan bantuan e-learning ini siswa bisa memanfaatkan waktu kosong mereka untuk berkunjung ke laman web dan belajar di dalam e-learning dengan mudah. Serta dalam pengumpulan tugas siswa juga dipermudah dengan cara langsung mengupload tugas tersebut di web. Guru juga bisa langsung mengecek dan menilai tugas yang telah dikirim oleh siswa.


Full Text:

pdf

References


Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.

Cahdriyana, R. A., Setyorini, R., & Dahlan, U. A. (2019). Tingkat Kreativitas Slow Learners Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–14.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori - Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

G.Polya. (1957). How To Solve It. New Jersey: Princenton University Press.

Hanifah, Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Numerical :Jurnal Mateatika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran ( Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto ) The Effectiveness Of E-Learning As Instructional Media. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102.

Hartono, Y. (2014). Matematika : Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Inayah, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Multipel Matematis Siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–16.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 9–22.

Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Education, 4(1), 41–48.

Rusman. (2014). Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saputra, J. (2017). Model Problem Based Learning Berbantuan E - Learning Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Dimensi Tiga. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 117–130.

Silahuddin. (2015). Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIRCUIT, 1(1), 48–59.

Soleh, U., Ferdianto, F., Swadaya, U., Djati, G., Swadaya, U., Djati, G., … Kreatif, B. (2018). Korelasi Model Group Investigation Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 139–154.

Sudibjo, A., & Wasis. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Dengan E-Learning Berbasis Edmodo Blog Education Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Respon Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(03), 187–190.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yanti, F. N., Farida, & Sugiharta, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal : Jurnal Matematika, 2(2), 173–180.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats