Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores

Lely Suryani, Agnes Pendi, Stefania B. Seto

Abstract


Kesuksesan mahasiswa belajar diperguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh semangat hidup yang tinggi, dan rasa optimis yang besar terhadap kesuksesan. Kesuksesan akan diraih oleh mahasiswa jika mahasiswa tersebut mampu untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi pada saat perkuliahan. Salah satu kesulitan yang juga berperan penting bagi mahasiswa untuk meraih kesuksesan adalah efikasi diri dan kemandirian belajar. Setiap mahasiswa mempunyai kesulitan yang berbeda-beda, baik dalam hal mata kuliah maupun dalam hal penerimaan metode pembelajaran yang diberikan.  Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar mata kuliah geometri dasar program studi pendidikan matematika universitas Flores. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang menjelaskan hubungan kausal antara variable-variabel yang mempengaruhi hipotesis atau teori yang menjelaskan mengapa suatu fenomena terjadi. Fenomena dalam penelitian ini adalah efikasi diri dan kemandirian belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Efikasi Diri (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) mempunyai pengaruh yang positif terhadap Hasil Belajar (Y) diketahui dari hasil analisis korelasi diperoleh dari nilai R hitung untuk X1 terhadap Y sebesar 0.607 dan X2 terhadap Y nilai R hitung diperoleh sebesar 0.583 dan nilai signifikansi antara X1 dan X2 terhadap Y diperoleh dua tanda bintang (**) sehingga ada pengaruh positif dengan taraf signifikansi 1 %.. Dengan kata lain semakin meningkatnya atau semakin baiknya Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar maka akan meningkat pula hasil belajar dari mahasiswa itu sendiri.

Kata kunci : Efikasi Diri; Hasil Belajar; Geometri Dasar


Full Text:

pdf

References


Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company

Danuri. (2010). Kemandirian Belajar. Bandung : Sinar Baru

Fitriana, Ihsan, Annas. (2015). “Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan mamapu Berfikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP, Journal EST, 1 (2), 86-101. Diakses dari esearchgate.net/publication/320047074

Slameto, (2015). Belajar dan Faktor Factor Yang Mempengaruhi. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sari, Roesdiana. (2019). “Analisi Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Geometri”, Journal Aksioma, 10 (2), 209-214. Doi : 10.26877/aks.v10i2.4253

Sugiono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta

Tung, K,Y (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta : PT Indeks.

Yusuf, A.M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats